Pancarkan.com
Pemerintahan

Gubernur Jatim Resmikan Perubahan Nama Jalan Gunungsari Jadi Prabu Siliwangi

SURABAYA, PETISI.CO – Sempat terjadi penolakan warga, akhirnya Jalan Prabu Siliwangi diresmikan. Jalan Prabu Siliwangi menggantikan sebagian nama jalan Gunungsari.

Peresmian tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan Monumen Perjuangan (Tugu) Mas Trip oleh Gubernur Jatim Soekarwo, Minggu (3/2/2019). Rencananya monumen perjuangan Mas Trib tersebut dibangun di depan Lapangan Golf Ahmad Yani, Jalan Gunungsari, Surabaya.

“Selain Jalan Prabu Siliwangi, hari ini juga sebagian Jalan Dinoyo juga resmi berubah menjadi Jalan Sunda,” kata Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo kepada wartawan usai peresmian.

Pergantian nama jalan ini, menurutnya, sebagai rekonsiliasi dan harmonisasi budaya antara Jawa dengan Sunda. Menurut sejarah, telah retak setelah adanya perang Bubat.

“Ini (pergantian nama jalan) simbolik, jadi bukan panjang jalannya berapa atau dimana, tapi bagaimana prosesnya nanti, karena efeknya (perang Bubat) ini kan sampai 601 tahun,” ujarnya.

Sebagian Jalan Gunungsari yang diganti menjadi Jalan Prabu Siliwangi adalah mulai pertigaan Traffic Light Golf Ahmad Yani ke Barat sampai ke pertigaan pintu masuk tol Gunungsari.

Sedangkan Jalan Dinoyo yang diganti adalah dari pertigaan Jalan Mojopahit sampai perempatan Keputran-Pandegiling-Sulawesi. (bm)

The post Gubernur Jatim Resmikan Perubahan Nama Jalan Gunungsari Jadi Prabu Siliwangi appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Kajati Jatim Paparkan Pentingnya Inovasi Berkelanjutan untuk Kejaksaan RI

agus petisi

PU Bina Marga Jatim Bangun Shane Back di Tol Ngawi – Kertosono

redaksi

Walikota dan Wawalikota Batu Hadiri RAKORKOMWIL IV APEKSI ke 15

redaksi