Pancarkan.com
Peristiwa

Tragis, 21 Balita Bondowoso Positif HIV/AIDS

BONDOWOSO, PETISI.CO – Jumlah kasus Human Immunodefiency Virus (HIV)  Acquired  Immuno Deficiency Syndrone (AIDS) di Kabupaten Bondowoso semakin meningkat. Hal ini, diungkapkan,  Sinung Sudrajat Komisi IV,  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bondowoso. Menurutnya, dengan adanya kasus ini, salah satunya disebabkan karena makin meningkatnya angka tenaga kerja keluar daerah.

“Jumlah HIV/AIDS tiap bulannya semakin meningkat dan tiap kecamatan sudah ada yang terjangkit penyakit tersebut. Jumlah keseluruhan per September 2018 lalu, yang terjangkit sebanyak 321 orang. Dan 21 orang diantaranya masih balita,” ujarnya, Senin (22/1/2019) di ruang kerjanya.

Ironisnya, jelas dia, dari jumlah itu ada 21 anak – anak atau masih balita dan sudah meninggal 1 anak. “Jadi sekarang tinggal 320 orang,” akunya.

Diharapkan, upaya pencegahan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, untuk segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah kasus penyakit ini agar tidak semakin menjalar.

“Masyarakat butuh sosialisasi dan pendampingan terhadap penderita Odha secara pasti, agar penyakit ini tidak semakin banyak bertebaran di sejumlah wilayah. Sangat diinginkan koordinasi antara Dinas Kesehatan, para aktivis dan KPAD yang berlangsung intensif, agar korban tidak semakin berjatuhan,” jelas Sinung dari fraksi PDI Perjuangan.

Lebih lanjut Sinung mengatakan, tentunya tetap menjaga etika yang sudah ada serta harus diwaspadai, penyebaran HIV/AIDS. Sejauh ini masih banyak masyarakat yang belum sadar akan virus berbahaya dan mematikan tersebut.

“Untuk kegiatan sosialisasi pada kasus ini, kami meminta kepada pemkab, untuk melibatkan lembaga-lembaga yang sudah aktif seperti Yapikma. Kemudian, agar mereka menjabarkan kepada  masyarakat, bahwa HIV/AIDS itu apa, dan bagaimana dampaknya,” katanya.

Seraya mengatakan, anggaran penanggulangan HIV/AIDS di Bondowoso harus segera berpihak. Sebab, ketika kita semakin masuk dalam pencegahan kasus tersebut, semakin banyak pula yang kita temukan penderita ini. ” Seperti fenomena gunung es,”centusnya.

Sekadar diketahui, apa AIDS, ialah kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh oleh HIV. Apa itu HIV?, ialah merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan kemudian menimbulkan AIDS. (latif)

 

 

The post Tragis, 21 Balita Bondowoso Positif HIV/AIDS appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Otban III Gelar Safty Campaign 2022, Bagikan 1000 Merchandise

Ikuti UKT Semester II Atlit Dojo Tarantula PBI Raih Club Terbaik

Dandim Apresiasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas PA Tulungagung

redaksi