Pancarkan.com
Pemerintahan

Adanya Korban DBD, Dinkes Situbondo Mengaku tak Ada Laporan

SITUBONDO, PETISI.CO – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo, belum mendapatkan laporan terkait tentang adanya korban yang terkena dampak dari serangan demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Dinkes Abu Bakar Abdi mengatakan, hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan ada korban yang terserang DBD.

Ia menambahkan agar masyarakat Situbondo menjaga kebersihan. “Saya mengimbau kepada masyarakat Situbondo untuk waspada, karena sejak masuknya musim penghujan, perkembangan nyamuk lebih cepat. Dan untuk diketahui, bahwa gejala-gejala dari penyakit ini salah satunya adalah demam tinggi,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/1/2019).

Menurutnya, tak kalah penting dalam mengantisipasi DBD adalah menjaga kebersihan lingkungan. Hal utama yang harus dilakukan oleh masyarakat. Salah satu dengan cara menjalankan 3M, yaitu menutup, menguras, dan mengubur potensi sarang nyamuk.

“Jika ada anak kecil yang mengalami demam tinggi, agar segera diperiksa ke petugas kesehatan terdekat. Itu bisa saja sebagai gejala awal DBD,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk memutus mata rantai penyebarannya, tidak cukup dengan pembasmian nyamuk. Tetapi harus membasmi jentiknya terlebih dahulu.

Sedangkan untuk fogging atau pengasapan, sambung Abu Bakar Abdi, tidak terlalu efektif karena tidak sampai membasmi jentik.

“Fogging ini sifatnya menunggu, kalau ada permintaan dari masyarakat,” tandasnya.(sun)

The post Adanya Korban DBD, Dinkes Situbondo Mengaku tak Ada Laporan appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Warga Desa Genteng Kulon Terima 800 Sertifikat

redaksi

Perangkat RT-RW Desa Pesanggrahan KWB Resah

redaksi

Sidoarjo Raih Penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja

redaksi