Pancarkan.com
Ekonomi

SPMT Dorong Inovasi Berkelanjutan, Kembangkan Budaya Kreatif

Peserta Workshop Pengelolaan Lingkungan & Urban Farming sebagai inovasi keberlanjutan untuk menggerakkan perubahan di tengah masyarakat

Medan,  Pancarkan.com – Isu permasalahan lingkungan dan pengelolaan inovasi keberlanjutan menjadi perhatian penting bagi masyarakat, karena memberikan pengaruh besar dalam kelangsungan hidup dan kemandirian masyarakat.

Melihat hal ini PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), salah satu Sub-Holding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang bergerak di bidang pelayanan operasional terminal non-petikemas berkomitmen melakukan pengembangan budaya kreatif dan inovatif  melalui berbagai program yang diselaraskan dengan program induk perusahaan yaitu Pelindo sebagai Holding.

Salah satunya kegiatan Workshop Pengelolaan Lingkungan & Urban Farming sebagai inovasi keberlanjutan untuk menggerakkan perubahan di tengah masyarakat dan juga dalam rangka upaya PT Pelindo Multi Terminal untuk mewujudkan komitmennya dalam pelestarian lingkungan di Medan Belawan.

Komisaris PT Pelindo Multi Terminal Ahmad Perwira Mulia Tarigan dalam sambutan kegiatan tersebut menuturkan, isu permasalahan lingkungan menjadi kepentingan khalayak bersama karena memberikan pengaruh besar dalam kelangsungan hidup semua mahluk hidup.

“Lingkungan yang sehat dapat dibentuk dengan mulai melakukan pengelolaan lingkungan sekitar tempat tinggal melalui manajemen perubahan warga, bijak kelola sampah, memilah sampah, mengolah sampah (kompos dan pupuk cair), manajemen bank sampah serta melalui urban farming; budidaya tanaman menggunakan metode hidroponik yang memiliki banyak nilai positif bagi lingkungan masyarakat,” terang Ahmad Perwira Mulia Tarigan, Senin (17/7/2023).

Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal Edi Priyanto

Menyahuti itu Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal Edi Priyanto, menekankan bahwa kegiatan ini merupakan inovasi keberlanjutan SPMT untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Sumber sampah adalah manusia. Jumlah penduduk manusia yang semakin meningkat yang juga akan selaras dengan sampah yang kian meninggi juga kuantitasnya sehingga perilaku menghasilkan sampah ini harus diubah dan diberikan edukasi,” bilang Edi.

Program ini juga disebutkan Edi menjadi momentum untuk menyatukan tujuan bersama dalam membuat lingkungan yang tenteram, bersih, sehat, indah, nyaman, harmonis, dan sejahtera .

“Melakukan dengan tahapan, yaitu : BERUBAH – PEDULI- BERBAGI, mulai dari saya tahu menjadi saya mau hingga mampu melakukannya. Ini akan menjadi kebiasaaan dan diterapkan menjadi budaya,” bilang Edi.

PT Pelindo Multi Terminal  dan Pelindo Regional 1 berencana akan menyelenggarakan kompetisi pengelolaan lingkungan di wilayah Belawan sebagai salah satu wujud nyata kepedulian Perusahaan untuk mengajak masyarakat di sekitar Belawan untuk lebih peduli dalam melestarikan lingkungan.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami juga menambahkan, seperti diketahui, Belawan memiliki luas total kurang lebih 26,25 kilometer persegi atau 9,90 persen dari luas seluruh Kota Medan. Belawan memiliki enam kelurahan dan 143 RW atau lingkungan. Karena itu disebutkannya, kegiatan ini nantinya akan sangat membantu mengurai tantangan manajemen persampahan di setiap lingkungan Medan Belawan.

Sementara itu Kepala Seksi Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Medan Belawan, Irma Suri Efanti mengungkapkan, Kecamatan Medan Belawan sangat bersyukur terhadap kepedulian Pelindo Multi Terminal dalam upayanya mewujudkan pelestarian lingkungan dengan memberikan perhatiannya kepada masyarakat Medan Belawan.

“Kami berharap dari workshop ini dapat diaplikasikan di lingkungan Belawan dan bagi peserta  PKK Medan Belawan yang hadir bisa memberikan edukasinya kepada masyarakat di linkungannya bagaimana mengelola sampah yang baik, minimal bisa memilah sampah organik dan non organik,” ungkap Irma.

Kecamatan Medan Belawan juga sangat mendukung program-program pelestarian lingkungan yang diinisiasi oleh PT Pelindo Multi Terminal ini.

Salah satu peserta yang berasal dari tim PKK Belawan, Nuraini menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pelindo. Dia juga mengaku senang dengan program workshop karena menurutnya sangat bermanfaat.(riz)

Related posts

SPMT Komitmen Pengembangan Inovasi Berkelanjutan

redaksipancarkan

Pengurus JMSI Jatim Kunjungi RSUD Dr Soetomo, Begini Pesan Dirutnya

redaksipancarkan

Melalui Program Kampanye Anti Fraud, PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya Dukung Good Corporate Governance