Pancarkan.com
Peristiwa

Masjid Darrusalam PBI Miliki Ambulance Untuk Layani Masyarakat

Mobil Ambulance milik masjid Darrusalam PBI

Surabaya, Pancarkan.com-Bermula dari keprihatinan warga masyarakat RT 01 RW 08 Perumahan Pondok Benowo Indah (PBI) Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Surabaya, tentang kendaraan khusus untuk membawa warga sakit dalam kondisi mendadak serta mengantar warga meninggal.

Harapan dan doa warga RT 01 RW 08 PBI tersebut kini terwujud, setelah upaya penggagas dari ketakmiran masjid Darrusalam untuk melakukan pengadaan unit mobil. Menurut sumber di lapangan bahwa mobil dibelinya dari pemenang lelang inventaris Pemerintah Kota Surabaya, dimana kendaraan itu sebelumnya di parkir di lantai 6 komplek pertokoan Siola Surabaya.

Drs. H. Dhany Nartawan SH, MH bersama Drs, H. Moch Nahroji

Penggagas atau pemrakarsa pengadaan mobil ambulance tersebut, yaitu, Drs. H. Moch. Nahroji (Ketua Takmir Masjid), H. Budi Susilo, S.Sos (Sekretaris Takmir) dan Drs.H. Dhany Nartawan SH, MH (Penasehat) dengan didukung para jamaah dan donatur sehingga mobil ambulance dapat terwujud.

“Riwayat mobil ambulance ini kita beli dari pemenang lelang inventaris Pemkot Surabaya yang telah di menangkan oleh seseorang, dan pada waktu itu di parkir di lantai 6 pertokoan siola. Jadi mobil tersebut kita beli bekas, setelah itu kita bawa di masjid Darrusalam dan kemudian dimasukkan bengkel Pak Yanto di PBI, RT 04, RW 08.untuk perbaikan body, mesin, kelistrikan, interior dan kemudian dipasang alat kesehatan standart serta di rubah warna yang awalnya putih menjadi hijau,” terang Drs. H. Dhany Nartawan SH, MH, salah satu penggagas pengadaan mobil tersebut, Senin (26/12/2022).

Menurut Dhany, ambulance tersebut di prakarsai oleh ketakmiran masjid Darrusalam dimana berangkat dari keprihatinan jamaah maupun warga ketika memerlukan mobil ambulance selalu kesulitan.

“Karena di wilayah Surabaya barat hanya ada 1 di RSI dan 1 RS. BDH dan itupun sulit jika sewaktu waktu diperlukan warga,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyampaikan terkait perbaikan terhadap kendaraan tersebut, yaitu body dan mesin serta interiornya sehingga saat ini sudah layak pakai, baik untuk dalam kota maupun luar kota. Adapun perbaikan itu, diantaranya, kontrol dan cek Laker 4 roda, Kampas rem 4 roda, Dinamo amper, Dinamo stater, Dinamo kipas kaca, Karburator, Olor kabel pedal gas, semua kelistrikan serta lampu lampu, Knalpot, semua karet-karet, Handel pintu.

Selanjutnya, tambah Dhany, untuk penggantian, yaitu, oli mesin, prosneleng, gardan, filter oli mesin, filter angin,.Filter bensin, minyak rem, selang radiator atas bawah, Pul klem aki. Sedangkan di luar mesin pembelian juga dilakukan, yakni Ban untuk 4 roda, velk ban serep, dongkrak roda, karpet atau alas lantai depan dan belakang, serta lainya sesuai dengan kebutuhan.

Mobil ambulance sudah siap pakai luar kota dan propinsi

“Mobil tersebut kini sudah layak pakai, baik untuk antar kota maupun propinsi juga siap. Semua dana itu swadaya dari jamaah masjig Darrusalam, jadi dalam hal peruntukan pengadaan mobil ambulance ini tidak mengambil dari kas masjid tapi dari donatur yang peduli khusus untuk pengadaan unit kendaraan tersebut,” tegas tokoh agama yang berprofesi sebagai Advokat ini.

Seluruh pembiayaan mulai pembelian hingga perbaikan mobil selesai mencapai 100 juta, dana tersebut murni berasal dari swadaya donatur khusus pengadaan. Mobil ambulance berada di Masjid Darrusalam Pondok Benowo Indah (PBI) blok XX No 17 – 19 RT 01 RW 08 Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal Surabaya.

Mobil ambulance tersebut dapat digunakan untuk seluruh warga se Kelurahan Babat Jerawat dan sekitarnya. Adapun warga yang membutuhkan nantinya bisa menghubungi nomor telepon 0857-3121-1419 atau datang langsung ke Masjid Darrusalam PBI. (bah)

 

 

Related posts

Ikuti Prosedur, Pembuatan SIM di Satpas Colombo Sangat Mudah

redaksipancarkan

Toko King di Bondowoso Terbakar

Satpolairud Polres Gresik Bakar Empat Jaring Trawl Rusak Ekosistem Laut