Jaga Sinergitas dan Kawal Pembangunan, Pemkab Sidoarjo Gelar Bimtek Bersama Insan Pers

45 views

Narasumber ketika dalam Bimtek bersama Insan Pers

Sidoarjo, Pancarkan.com – Untuk meningkatkan sinergitas insan pers dengan Pemkab Sidoarjo, Dinas Komunikasi Kabupaten Sidoarjo adakan bimbingan teknis yang digelar di Pop Hotel Timoho Yogyakarta selama dua hari, Kamis-Jumat, (17-18/11/22).

Dalam kegiatan tersebut dihadirkan tiga narasumber. Diantaranya Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers Indonesia Asmono Wikan serta Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman M.Kes dan Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Rizza Ali Faizin M.Pd.I.

Kegiatan dibuka Plt. Kadis Kominfo Sidoarjo Drs. Didik Tri Wahyudi, M. Si mewakili Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP. Bupati yang akrab dipanggil Gus Muhdlor, dalam sambutannya yang dibacakan Plt. Kadis Kominfo Sidoarjo mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang mendalam kepada rekan-rekan pers yang selama ini telah memberikan kontribusi positif dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sidoarjo.

Dikatakannya selama ini hubungan pemerintah dengan media sudah harmonis. Hubungan seperti ini akan terus ditingkatkannya. Pasalnya ia menyadari bahwa media massa merupakan jembatan informasi antara pemerintah dengan masyarakat.

“Hubungan harmonis yang telah terjalin ini mampu saling menguatkan antara pemerintah dan media agar masyarakat memperoleh informasi yang akurat, transparan dan berimbang. Hubungan kemitraan ini harus terus dilakukan dengan prinsip mengawal demokrasi untuk kepentingan publik,” ucapnya, Jumat (18/11/2022).

Para Insan Pers ketika ikuti Bimtek

Oleh karena itu, lanjut Bupati, mengajak para insan pers untuk tidak perlu ragu-ragu dalam menjalankan tugas dan profesinya. Ia akan hormati kebebasan insan pers dalam menjalankan tugas. Ia percaya bahwa para insan pers di Sidoarjo akan menjalankan tugas dengan profesional dan berlandaskan pada kode etik jurnalistik yang ada.

“Saya yakin sekali dengan kondisi Kabupaten Sidoarjo yang aman dan kondusif, dengan didukung pemberitaan media yang positif dan edukatif, percepatan pembangunan dapat terwujud dengan baik,” tambahnya.

Dukungan dan kritikan memang harus dilakukan, karena itu sudah menjadi tugas pers karena memang perkembangan teknologi yang begitu cepat tidak bisa dihindari.

Sementara itu Haji Usman, Ketua DPRD Sidoarjo yang turut hadir di Jogja menyampaikan bahwa transformasi dari konvesional ke era digital yang dialami media massa harus diimbangi dengan anggaran yang cukup bagi rekan pers.

“Karena itu saya meminta agar rekan di Dinas Kominfo untuk mengusulkan anggaran yang lebih untuk pembinaan rekan pers yang bertugas di lingkungan Pemkab dan DPRD Sidoarjo,” pungkas Haji Usman yang disambut tepuk tangan riuh peserta bimtek. (cdr)

Reporter: Ruth Candra

Editor: Rizal

Bimtek di Jogjakarta Insan Pers Jaga Sinergitas dan Kawal Pembangunan Pemkab Sidoarjo Pop Hotel Timoho Yogyakarta