Pancarkan.com
Peristiwa

Peninggalan Purbakala Ditemukan di Desa Suco Lor

Bondowoso, Pancarkan.com – Dua jenis sisa peninggalan purbakala ditemukan di sebuah lahan kebun Kopi milik warga Desa Suco Lor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Jatim, berupa dua batu berbentuk batu kenong dan satu batu yang diduga kuat makam kuno.

Berawal informasi Irsam, warga Desa Maesan Kabupaten Bondowoso, Tim Mitra Jatim langsung mengecek lokasi di lokasi penemuan batu purbakala yang kemudian tim tersebut melakukan proses pendeteksian titik-titik lainnya menggunakan peralatan detektor.

Hary Eko P, anggota Tim Mitra Jarim menjelaskan, di lokasi penemuan tersebut ditemukan sejumlah batu purbakala dengan posisi letaknya tidak beraturan. Untuk melihat adanya beberapa peninggalan lainnya yang mungkin masih terpendam di dalam tanah, akan dilakukan pendeteksian dengan menggunakan alat detektor yang memenuhi syarat.

“Sebab detektor yang kami punya hanya satu dengan jarak deteksi sekitar 10 CM,”  jelaanya.

Sementara Tim Mitra Jatim kemudian melakukan sejumlah koordinasi kepada sejumlah pihak, termasuk DPRD Bondowoso, dimana tujuan yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap cagar budaya di Bondowoso.*

Reporter : Cipto

Related posts

Silaturrahmi Lembaga Zakat Se-Jawa Timur dengan Insan Pers

redaksipancarkan

Babinsa Koramil Dawarblandong Amankan Perayaan Paskah

redaksi

Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi Resmi Dilantik Jadi Pangdam V/Brawijaya

redaksi