Pancarkan.com
Peristiwa

Kodim Surabaya Timur Gelar Pembinaan Tata Ruang Wilhanrat 2019

Pembinaan Tata Ruang Wilhanrat 2019

Surabaya, Pancarkan.com –  Kodim 0831/Surabaya Timur menggelar kegiatan Pembinan Tata Ruang Wilhanrat Tahun 2019. Kegiatan tersebut bertempat di Aula Menvetcad Dam V Brawijaya, Rabu (7/8/2019).

Dalam sambutanya, Kasdim 0831 Surabaya Timur, menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin triwulan III pada  tahun 2019.

“Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan singkronisasi, keterpaduan pembangun wilayah pertahan dengan RT dan RW (Rencana Tata Ruang Wilayah)  pemerintah daerah, untuk mewujudkan wilayah pertahanan yang berkualitas dalam rangka kepentingan pertahanan,” ucapnya.

Menurutnya, TNI AD sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara didarat, bersama komponen kekuatan pertahanan lainnya, harus dapat memberdayakan dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Sehingga siap dimobilisasi dan digunakan untuk mewujudkan kesemestaan dalam menghadapi setiap ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sebagai suatu organisasi, Angkatan Darat bertugas melaksanakan tugas TNI dalam menyelenggarakan pembangunan dan pengembangan kekuatan matra darat, melalui pembinaan yang bertujuan untuk penyiapan kekuatan dalam wujud kesiapan operasional,” tegasnya.

Sementara itu, dikesempatan yang sama Pasi Wanmil Korem 084/BJ Mayor Arh. Iwan Apwan, memaparkan, sebagai aparat teritorial mempunyai tugas pokok, salah satunya menyiapkan daerah pangkal perang. Sehingga bilamana terjadi perang kita sudah menguasai wilayah, atau medan  untuk bertahan dari serangan musuh.

“Pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Satkowil merealisasikannya dengan kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter). Sehingga dengan potensi Geografi, Demografi, dan Kondisi Sosial tersebut dapat dijadikan sebagai Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh agar dapat menjadi kekuatan wilayah,” ujarnya.

Reporter : Bachtiar

Related posts

Korps Raports Pelepasan dan Penerimaan Kepala Staf Brigade Infanteri Raider 9/DY/2 Kostrad

redaksipancarkan

Bupati dan Kapolres Nganjuk Cek Pos Pengamanan Ketupat Semeru 2023

Polres Situbondo Pasang Banner Penerimaan Anggota Polri

redaksi