Pancarkan.com
Peristiwa

Danrem 084/ BJ Kunker Ke Kodim 0817/Gresik

GRESIK, PETISI.COKodim 0817/ Gresik menggelar kegiatan hari keempat Latihan Teknis Teritorial (Latnister) TA. 2019, dalam rangka Pencegahan Paham Radikal dengan kegiatan praktek langsung di wilayah yang dipusatkan dan berkumpul di Rest Area Kedungpring, Kec Balongpanggang Gresik, dalam melaksanakan apel pembagian tugas praktek lapangan bagi peserta latihan, Kamis (14/3/2019) Pagi.

Kegiatan diikuti Kasdim 0817/ Gresik Mayor Arh. Suwanto, Pasiops Kapten Inf. Asrol, Danramil Balongpanggang Kapten Inf. M. Zainudin SH, Danramil 0817/ 02 Wringinanom Kapten Inf. Prastyo, Danramil 0817/ 06 Manyar Kapten Arh. Sali, Danramil 0817/ 07 Kebomas Kapten Kav. Gatot dan Danramil 0817/ 05 Gresik Kota Kapten Inf. Imam Suudi, serta seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil jajaran dan juga anggota Kodim 0817/ Gresik.

Namun sebelumnya pada pelaksanaan di hari ketiga kegiatan Latnister Kodim 0817/ Gresik TA. 2019 ini, secara dadakan Danrem 084/ Bhaskara Jaya, Kolonel Inf. Sudaryanto, melaksanakan kegiatan Kunjungan Kerja ke Kodim 0817/ Gresik. Sekaligus untuk mengecek pelaksanaan dan evaluasi kegiatan Latnister anggota di Aula Makodim 0817/ Gresik yang berjalan dengan baik.

Selain itu, Danrem 084/ BJ Kolonel Inf. Sudaryanto, juga mengecek Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Ke-XV Tahun 2019, yang ada di wilayah Kodim 0817/ Gresik, dengan sesuai harapan dari Komando Atas dan juga sempat melihat Tanaman Toga Persit KCK XLIV Kodim 0817/ Gresik.

Dengan didampingi Dandim 0817/ Gresik, Letkol Inf. Budi Handoko S.Sos dan para Perwira Staf, Danramil serta perwakilan anggota jajaran Kodim 0817/ Gresik, Danrem 084/ BJ menikmati indahnya Tanaman Toga Persit KCK XLIV Kodim 0817/ Gresik yang terkesan sangat bagus.

Sementara itu, Koordinator Materi Danramil 0817/ 09 Balongpanggang, Kapten Inf M. Zainudin SH, menuturkan, Latnister ini bertujuan memelihara dan meningkatkan penguasaan tentang pengetahuan. Serta keterampilan teknis satuan kewilayahan dalam melaksanakan tugas – tugas kewilayahan.

“Dengan memberikan kemampuan kepada para Babinsa agar dapat melaksanakan tugas di lapangan dengan baik,” terangnya.

Lebih lanjut, Zainudin menyampaikan, Binter merupakan tatanan yang bercorak kewilayahan dan didayagunakan untuk mengolah potensi wilayah, yang meliputi geografi, demografi, maupun kondisi sosial menjadi kekuatan yang siap diperlukan untuk kepentingan pertahanan negara.

“Untuk mendukung suksesnya Pembinaan Teritorial (Binter) tersebut prajurit juga harus memahami sikap teritorial meliputi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dengan metode Binter dengan Bakti TNI, Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) dan Komunikasi Sosial (Komsos),” ujar Danramil 0817/ 09 Balongpanggang.

Anggota Kodim 0817/ Gresik mengikuti kegiatan Latnister TA. 2019 selama 5 hari, mulai tanggal 11 Maret hingga 15 Maret 2019. Diantaranya 3 hari teori kelas dan 2 hari di lapangan/ praktek.

Sementara ditempat yang sama Dandim 0817/ Gresik, Letkol Inf. Budi Handoko S.Sos, selaku penanggung jawab diwakili Pasiop Kapten Inf. Asrol (Komandan Latihan), menerangkan, bahwa ini adalah Latihan Tehnis Teritorial (Latister), yang bertujuan untuk pemantapan Babinsa, terkait dengan bagaimana pelaksanaan, ketatalaksanaan Bimter untuk mematangkan lagi, bagaiman pola data di wilayah yang terbagi menjadi dua macam materi untuk tahun ini, yang  diantaranya, Ketatalaksanaan Bimter dan Ambil Data Paham Radikalisme.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota Kodim 0817/ Gresik, kurang lebih yaitu sebanyak 200 orang personil dan 40 penyelenggara.

“Jadi totalnya sekitar 240 orang anggota Personil,” terangnya.

Untuk prakter di lapangan, diambil di dua wilayah, yaitu Kecamatan Kebomas dan Kecamatan Balongpanggang. Satu hari teori di Kodim, dua hari prakterk parsonil di Kodim dan dua hari pelaksanaan di lapangan.

Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya berharap, agar Babinsa bisa lebih berkembang, lebih matang dan tidak ada keragu – raguan kepada para Babinsa untuk bertindak diwilayahnya masing-masing. (bah)

 

The post Danrem 084/ BJ Kunker Ke Kodim 0817/Gresik appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Perkuat Nasionalisme, GP Ansor NU Kab. Madiun Gelar Latihan Bela Negara

redaksi

Babinsa Bantu Perawatan Persemaian Benih Padi Warga Binaan

Pernikahan Wartawan, Kendarai Motor Matic ke KUA Bondowoso