Warga Palongan Gentong Gotong Royong Bangun Jalan dan Jembatan

14 views

BONDOWOSO, PETISI.CO – Apa yang dilakukan warga Dusun Palongan, Desa Gentong, Kecamatan Tamankrocok, Kabupaten Bondowoso, patut diapresiasi. Mereka antusias dan bergotong royong  membangun jembatan gantung serta membangun jalan yang tembus dari desa tersebut, menuju Dusun Wringin Jajar, Desa Kali Tapen, Kecamatan Tapen.

Kepala Desa (Kades) Gentong, Misyono, saat diwawancarai menyebutkan, bahwa pembukaan akses jalan ini, murni swadaya masyarakat.

“Jalan ini semulanya jalan setapak, saat ini bisa dilalui kendaraan roda dua. Warga pemilik tanah yang terkena pelebaran jalan dengan penuh sukarelawan tanahnya diberikan secara cuma-cuma untuk kepentingan umum,” tutur Misyono, Minggu (17/3/2019) di lokasi jalan tersebut.

Disamping itu, ia menjelaskan, Jalan yang dibangunnya, dengan volume lebar 2 meter dan panjang 2000 meter. Pembangunan akses jalan tembus ini nantinya bertujuan untuk memberikan akses jalan yang sedikit bagus. Sehingga, mempermudah aktivitas masyarakat.

Kepala Desa Gentong Misyono

“Setelah akses jalan sudah terbuka, selain dapat mempermudah aktivitas masyarakat juga mempermudah akses perekonomian dan pertanian di desa ini dengan bertujuan untuk semakin menggeliat,” ujarnya.

Lebih jauh ia mengatakan, masyarakat memiliki kepedulian tinggi terhadap pembangunan di desa. “Apabila menunggu Dana Desa (DD) atau bantuan dari pemerintah, maka membutuhkan waktu lama,” imbuhnya.

Hasil pantauan petisi.co,  dalam membangun jalan tembus itu, mereka lakukan dengan alat seadanya. Seperti menggunakan cangkul dan skop. Selain itu, badan jalan tersebut, dibangun dengan konstruksi  betonisasi dan pavingisasi.(latif)

The post Warga Palongan Gentong Gotong Royong Bangun Jalan dan Jembatan appeared first on Petisi.