Pancarkan.com
Peristiwa

Ajang Silaturahmi, Emak Emak Satgas PBI Rekreasi Bersama

Rombongan tour anggota satgas dan para relawan

Surabaya,Pancarkan.com-Dalam rangka menjaga silaturahmi serta kekompakan, rombongan “emak – emak” mantan Tim Satgas Wani Sejahtera RW 10 Pondok Benowo Indah (PBI) Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Kota Surabaya melaksanakan acara rekreasi bersama, Minggu (5/2/2023).

Wabah Corona atau yang dikenal dengan nama Covid 19 setelah melanda di berbagai negara dan tak terkecuali negara yang kita cintai yaitu Indonesia kurang lebih selama dua tahun telah dinyatakan mereda. Sehingga membuat sebagian warga masyarakat kini merasa tenang melakukan beberapa kegiatan kegiatan di luar aktifitas rutinnya yang dikerjakan.

Dimana pada saat wabah tersebut menghantui masyarakat khususnya di kota pahlawan, pemerintah kota Surabaya dengan sigap mengantisipasinya untuk membentuk Satgas Kampung Tangguh Covid 19 di masing masing RW dan RT. Dari sehingga situlah terbentuk empat kelompok atau tim satgas, diantaranya, Wani Sehat, Wani Jogo, Wani Sejahtera dan Wani Ngandani.

Ke empat tim satgas tersebut mempunyai peranan masing masing dalam mengantisipasi penyebaran virus corona saat itu, seperti halnya Satgas Wani Sehat bertugas memberikan imbauan, memantau kesehatan warga sekitar dengan memberikan vitamin dan obat obatan, Satgas Wani Jogo dimana tugasnya adalah menjaga dan selalu mengantisipasi adanya orang tak di kenal yang masuk diwilayahnya, Satgas Wani Sejahtera bertugas membantu memberikan asupan makanan kepada warga yang terkonfirmasi covid dan harus isoman di rumah masing masing, dan Satgas Wani Ngandani yaitu berani mengingatkan dan memberikan pengertian warga yang terkonfirmasi covid untuk tidak keluar kemana mana.

Saat ini tim satgas tersebut sudah fakum, dengan tidak adanya aktifitas kegiatan kegiatan seperti saat dimasa pandemi maka warga yang dulunya tergabung dalam tim Satgas Wani Sejahtera, dimana tim itu dominasi oleh emak emak RW 10 masih ingin terus melakukan kegiatan kegiatan sosialnya , hal tersebut dibuktikan masih adanya kordinasi, baik melalui group WhatsApp maupun secara langsung.

Tim Satgas yang terbentuk merupakan dari warga setempat, dimana tugasnya adalah membantu untuk percepatan penangan wabah corona saat itu. Sehingga dapat dikatakan guna melaksanakan tugas sosial, sementara tugas Satgas Wani Sejahtera saat itu adalah dengan membantu warga masyarakatnya yang terkonfirmasi viruas covid 19 dan harus isoman di rumah masing masing, yaitu terkait permakanannya.

Oleh sebab itu, kelompok emak emak (mantan satgas wani sejahtera) beserta para relawannya merasa ingin mensolidkan timnya untuk tetap berbuat terhadap sesama, sehingga komunikasi dan kordinasi terus dilakukan baik secara langsung maupun melalui alat komunikasi seluler meskipun kini mereka telah menjalankan kesibukannya masing masing.

Seperti halnya kali ini, dengan memanfaatkan hari libur guna mempererat hubungan tali silaturahmi, salah satu anggota satgas wani sejahtera RW 10 PBI mengajak kelompok satgas wani sejahtera untuk refreshing bersama. Hal tersebut tak lain juga bertujuan untuk tetap menjaga rasa kebersamaan dan kekompakan.

Sebanyak 30 orang dari anggota satgas bersama para relawan menggunakan 1 Bus mini milik TNI AL berangkat menuju ke lokasi wisata, yaitu wisata Poetoek Soekoe dan Air Terjun Dlundung yang berada diwilayah Trawas Mojokerto, Jawa Timur.

Yayuk Sutaryani penggagas rekreasi bersama emak emak satgas wani sejahtera

Yayuk Sutaryani, anggota Satgas Covid 19 Wani Sejahtera RW 10 PBI, mengatakan, bahwa pihaknya bersama yang lain berharap agar tim tetap kompak dan tidak bubar. Menurutnya, untuk membantu warga yang membutuhkan tidak harus pada saat terjadi bencana (pandemi red) saja.

“Saya berharap group ini ndak bubar, karena tim ini terdapat fungsi kemanusiaan membantu sesama, terutama terhadap warga diwilayah kita RW 10 ini. Sehingga kita tetap berkordinasi ketika ada warga yang membutuhkan uluran tangan kita,” ucap Yayuk, penggagas kegiatan tour dengan mengakomodir sarana transportasinya.

Yayuk mengaku, kegiatan piknik tersebut selain guna menjalin hubungan silaturahmi juga kebetulan bertepatan dengan memperingati hari kelahirannya. Sehingga dirinya memutuskan untuk mengajak tim emak emak untuk refreshing, terutama mereka yang selama ini sudah sibuk dalam menjalani aktivitas terhadap pekerjaan masing masing.

“Alhamdulillah pandemi sudah berlalu dan kita tetap harus semangat dalam membantu masyarakat, khususnya warga disekitar lingkungan kita dengan berbagi,” ucapnya.

Ketua RW dan Ketua RT yang ikut pada acara rekreasi

Sementara itu, hal senada juga disampaikan oleh para Ketua RT/RW 10 yang turut serta dalam kegiatan tour tersebut. Menurutnya, membantu masyarakat yang membutuhkan terlebih warga sekitar adalah bentuk empati kita terhadap sesama.

“Jadi apapun bentuk bantuan yang kita berikan pastinya akan dapat sedikit meringankan beban kepada mereka yang membutuhkan, tak lupa kami semua juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada mbak Yayuk,” ucap H. Budi, Ketua RT 2 RW 10 PBI.

Kegiatan permainan permainan dilakukan untuk menambah rasa kekompakan

Usai pemotongan tumpeng, acara dilanjutkan dengan makan bersama. Setelah itu, guna memupuk rasa kebersamaan, keakraban dan kekompakan, acara tersebut juga diwarnai dengan melakukan kegiatan permainan (game – game) serta hadiah untuk pemenang yang sudah di persiapkan oleh panitia. Uniknya para emak emak terlihat gembira dalam momen tersebut, seluruh peserta bermain secara sportif untuk memperebutkan hadiah hadiah hiburan itu, sehingga suasana menjadi harmonis, guyup, rukun, kompak dengan rasa persaudaraan yang tinggi saat pelaksanaan kegiatan tersebut. (bah)

Related posts

Ketua Organda Jatim Apresiasi Ditlantas Polda Jatim Tangani Mudik Lebaran 2023

Perbaiki Genting Tewas Terjatuh

redaksi

Ops Sikat Semeru 2022 Polres Tuban Berhasil Ungkap 14 Kasus