Pancarkan.com
Peristiwa

Tanggap Bencana, Koramil Benowo Gelar Apel Dua Kecamatan

Kecamatan Pakal Surabaya

Surabaya, Pancarkan.com-Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana alam tahun 2021 di wilayah Kota Surabaya, khususnya di Kecamatan Pakal dan Benowo yang dilaksanakan di halaman kantor kecamatan, Senin (8/11/2021).

Pjs Danramil 0830/06 Benowo Mayor Inf Prasetyo Edi Tunggal, saat menghadiri apel gelar, mengatakan, bahwa kegiatan tersebut digelar secara serentak di wilayah Jawa Timur untuk mempersiapkan seluruh potensi, baik sumber daya manusia maupun peralatan mengantisipasi terjadinya bencana alam.

Pelaksanaan apel kontijensi penanggulangan bencana ini merupakan komponen yang tepat bagi satuan penanganan penanggulangan bencana untuk melaksanakan sinergi dan konsolidasi.

“Pelaksanan apel ini juga menjadi bukti komitmen bersama dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, serta untuk memberikan bantuan secara optimal kepada masyarakat yang terdampak bencana,” tegasnya.

Kecamatan Benowo Surabaya

Disampaikannya, Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang sering dilanda bencana, khususnya bencana alam hidrometeorologi. Karena wilayah Jatim yang berada di dua aliran sungai besar, yaitu sungai Bengawan Solo dan sungai Brantas.

Melihat besarnya ancaman bencana alam ‘hidrometrologi’ tersebut, maka sudah sepatutnya kewaspadaan lebih ditingkatkan lagi, terlebih saat ini sudah mulai memasuki musim hujan.

“Data dari BMKG, wilayah Jatim akan memasuki musim penghujan pada November dan puncaknya pada Januari hingga Februari 2022,” ungkapnya.

Terlebih, lanjut Mayor Inf Prasetyo, bencana alam adalah sesuatu yang sulit untuk diprediksi. Namun, kita masih bisa melakukan antisipasi dan mitigasi untuk meminimalisir dampak yang akan timbul dari bencana alam tersebut.

”Disamping itu, dalam penanganan bencana alam di era pandemi Covid-19 ini harus memperhatikan protokol kesehatan agar tidak menimbulkan klaster baru,” pungkasnya.

Editor: Bachtiar

Related posts

Satgas TMMD Kodim Trenggalek Sosialisasikan Manfaat Program KB

Di Blitar Empat Petugas Pemilu 2019 Meninggal Dunia

redaksi

Babinsa Koramil 0815/02 Trowulan Dampingi Petani Panen Padi

redaksi