Pancarkan.com
Peristiwa

Masjid At-Tauhid PBI Gelar Halal Bihalal Bersama Jamaah

Tausiyah, KH. Amin Gufron, M.Pd

Surabaya,Pancarkan.com-Setelah hari raya Idul Fitri 1444 H, masjid At-Tauhid Pondok Benowo Indah (PBI) Kel. Babat Jerawat Kec. Pakal, menggelar acara silaturahmi sekaligus halal bihalal, Minggu (7/5/2023).

Silaturahmi dan acara halal bihalal merupakan tradisi kalangan umat Islam. Khususnya di Indonesia untuk bersilaturahmi dengan saling bermaaf maafan satu sama lainnya.

Setelah satu bulan berpuasa menahan amarah, hawa nafsu lapar dan dahaga. Tibalah waktu dimana terdapat momen hari raya Idul Fitri, yang dimaknai oleh umat muslim dengan kembali suci dan bersih selayaknya fitrah sebagai manusia.

Memanfaatkan momen hari raya Idul Fitri 1444 H ini, masjid At-Tauhid telah berinisiasi untuk dapat melaksanakan kegiatan silaturahmi bersama. Hal itu tak lain guna meningkatkan keakraban agar lebih dekat pengurus Takmir, Jam’iyah Yasinta, Remas dan jamaah masjid.

“Dengan kegiatan tersebut, maka kita saling memaafkan dan akan terjalin rasa persatuan, kesatuan dan ukhuwah Islamiyah antar sesama muslim,” ujar Ketua Takmir Masjid At Tauhid PBI.

Menurutnya, silaturahmi seperti ini akan menjadikan keterbukaan dan kebersamaan. “Maka Insya Allah, kita dapat melaksanakan proses lanjutan pembangun masjid ini, dengan lebih baik dan sempurna kedepannya,” ungkap Ust. Ali Mustofa.

Acara halal bihalal tersebut dihadiri pengurus Takmir, Jam’ iyah Yasinta, Remas dan jamaah masjid, baik laki-laki maupun perempuan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Takmir Masjid At Tauhid Ustad Ali Mustofa, mengucapkan, terimakasih kepada seluruh panitia yang telah melaksanakan acara ini, dan juga kepada pengurus Takmir, Remas, Jamaah Yasinta yang hadir pada acara ini.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi sarana bagi kita, guna meningkatkan ukhuwah Islamiyah. Semoga upaya kita bersama membangun masjid ini yang sedang dalam proses pembangun bisa cepat terselesaikan,” ucapya.

Sementara dalam tausiyahnya, KH. Amin Gufron, M.Pd, menyampaikan, bahwa hidup itu ujian dan hidup pasti ada masalah. Dalam mengarungi kehidupan pasti ada fitnah, tergantung bagaimana kita menyikapinya.

“Begitu juga yang muda dan yang tua harus ada sinkronisasi, jangan sampai yang muda hanya diambil tenaganya saja. Yang muda dan yang tua harus melengkapi serta perlu adanya kebersamaan,” tuturnya.

Selanjutnya, silaturahmi dan acara halal bihalal diakhiri dengan pembacaan doa, yang disampaikan oleh KH. Arwani Sufi selaku dewan penasehat masjid At-Tauhid.

Kegiatan halal bihalal berlangsung khidmat dan sukses, tausiyahnya juga dengan joke-joke humor dan dapat meninggalkan kesan positif terhadap seluruh jamaah yang hadir. Jamaah berharap, acara seperti ini dapat terus dilakukan sebagai wujud kebersamaan dan kekeluargaan di Masjid At-Tauhid.

 

Reporter : Sunar

Editor: Bachtiar

Related posts

Realisasikan Program Bedah Rumah, PWI dan Baznas Serahkan Bantuan ke Warga

Pengendara Motor Nyalip, Terpeleset, Tewas ‘Diinjak’ Truk

Patroli Sambang Warga, Kapolsek Tambaksari Edukasi Kenakalan Remaja dan Tindak Pidana