Pancarkan.com
Peristiwa

Antusias Jamaah Masjid At-Tauhid Melaksanakan Sholat Idul Fitri 1444 H

Ratusan jamaah sholat Idul Fitri memenuhi masjid At Tauhid PBI

Surabaya,Pancarkan.com-Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 Masjid At-Tauhid di Pondok Benowo Indah (PBI), Kel. Babat Jerawat, Kecamatan Pakal menggelar Sholat Idul Fitri dan dilanjutkan dengan bersalam-salaman seuasai sholat berjamaah, Sabtu (22/4/2023) pagi.

Gema takbir, tahlil, tahmid dan tasbih berkumandang pada malam Idul Fitri. Semua orang di seluruh penjuru dunia melantunkannya dengan berbagai irama, untuk membesarkan dan mengagungkan nama Allah SWT.

Ini menunjukkan besarnya tanda rasa syukur atas kemenangan melawan hawa nafsu pada bulan Ramadan. Selain itu, Hari Raya Idul Fitri juga menjadi momen bagi umat muslim untuk saling bermaaf-maafan.

Apalagi seiring dilonggarkannya protokol kesehatan (prokes) oleh pemerintah, semua masyarakat terlihat sangat gembira menyambut hari kemenangan tersebut. Bagaimana tidak, setelah beberapa tahun terakhir, kita berhari raya dengan segala pembatasan akibat covid-19.

Jamaah wanita berada di halaman masjid

Kini rindu gelisah itu benar-benar pecah dan menjelma menjadi luapan suka cita menyambut lebaran. Kebahagiaan terpancar dalam setiap pribadi muslim setelah usai berpuasa di bulan penuh berkah tersebut.

Dalam pemaparan khutbahnya Dr. Ir. KH. Mutohar Yahya, MBA, MM, dimana menurutnya ada tiga kriteria atau golongan orang yang masuk surge, yaitu orang yang mau menafkahkan sebagian rezekinya, orang yang mau marah tapi mampu mencegah kemarahannya dan orang yang mau memberi maaf kepada orang lain.

Ketua Takmir bersama jajaran pengurus masjid At Tauhid PBI

Ketua Takmir ustad Ali Mustofa, mengatakan, alhamdulillah ramai sekali, tentu masjid ini bagian dari masyarakat. “Karena dalam pembangunan masjid tidak hanya fisiknya, tapi bagaimana masyarakat juga bisa melakukan ibadah dan aktivitas disini,” ujarnya, usai melaksanakan sholat Idul Fitri bersama sama.

Pantauan Pancarkan.com, setelah sholat Idul Fitri selesai digelar, selanjutnya para jamaah, pengurus Takmir masjid, serta warga jamaah saling bersalaman untuk saling bermaaf-maafan.

Salah seorang jamaah, Panti Nursaeni (44) mengaku, sengaja datang bersama keluarga ke masjid At-Tauhid untuk turut menunaikan sholat Idul Fitri.

“Saya sengaja dari rumah bersama keluarga. Senang banget bisa kembali Sholat Idul Fitri bersama sama,” ucapnya, ditemui setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri.

Reporter : Sunar

Editor: Bachtiar

Related posts

Dengan Sigap, Polres Pasuruan Kota bersama TNI dan Warga Tangani Banjir

Pengamanan Pergantian Tahun, Polsek Benowo Bersama Forpimka Gandeng Ormas

redaksipancarkan

Polres Nganjuk Gencarkan Program NCS Melalui Baksos dan Pengobatan Gratis