Pancarkan.com
Pendidikan

Talkshow Alumni, Awali Muswil IKA ITS Jatim

Surabaya, Pancarkan.com– Ikatan Alumni Institut Teknologi Nopember Sepuluh (IKA ITS) Pengurus Wilayah Jawa Timur akan selenggarakan Musyawarah Wilayah (Muswil) IKA ITS Pengurus Wilayah Jawa Timur, pada Sabtu (28/1/2023). Pada rangkaian acara Muswil IKA ITS PW Jatim kali ini diawali dengan Talkshow Alumni yang mengangkat tema: Sinergi dan Kiprah Alumni Membangun Negeri.

“Kami ingin meneguhkan semangat alumni ITS untuk lebih bersinergi dan berkiprah dalam membangun Indonesia masa depan,” ujar Cak Maztri, panggilan akrab Ir. Maztri Indrawanto, MSP., selaku Ketua Steering Committee (SC) Muswil.

Lebih lanjut, alumni Arsitektur ITS A-18, juga menginformasikan bahwa pada sesi Talkshow Alumni dihadirkan narasumber para tokok-tokoh alumni dari persepktif yang beragam. Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT. (Ketua IKA ITS PW Jatim) sebagai representasi tokoh alumni yang berpengalaman menavigasi organisasi alumni ITS di level Jawa Timur; Eri Cahyadi, ST., MT., (Walikota Surabaya) mewakili tokoh alumni muda ITS yang berkiprah di birokrasi pemerintahan; Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., IPU, A.Eng (Rektor ITS) tentunya mewakili perspektif akademisi, yang kini sedang menjadi pucuk pimpinan ITS; Ir. H. Sigit Sosiantomo (Anggota DPR RI) sebagai representasi tokoh alumni yang berkiprah di jalur politik; dan yang terakhir Abdul Ghofur AS (Presiden AISINDO) merepresentasikan tokoh alumni muda milenial yang berkiprah dunia bisnis. Talkshow Alumni di ajang Muswil diharapkan dapat memberi nuansa dan/atau warna-warni tersendiri sehingga penyelenggaraan Muswil lebih berkualitas.

Pertarungan Gagasan

Sementara pada kesempatan terpisah, Sekretaris SC Muswil, Dr. Ir. Machsus, ST., MT., berharap pada momentum Muswil kali ini tak sekedar menjadi ajang rutinitas pergantian Ketua IKA ITS PW Jatim semata. Forum Muswil sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi IKA ITS di level wilayah diharapkan menjadi ajang pertarungan ide atau gagasan dalam membesarkan kelembagaan IKA ITS PW Jatim.

“Kami berharap kelembagaan IKA ITS PW Jatim dapat dikembangkan dengan membentuk IKA ITS Pengurus Cabang (PC) di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur, dan gagasan inovatif ini dapat disepakati di forum Muswil”, ungkap Cak Mac, alumni Teknik Sipil S35, yang juga Direktur Dana Abadi ITS.

Pembentukan cabang-cabang di seluruh kabupaten/kota di Jatim ini dapat mewadahi keberadaan dan potensi alumni ITS yang banyak tersebar di seluruh penjuru Jatim, karena lokasi Kampus ITS memang berada di Jawa Timur, tepatnya di IbuKota Surabaya. Selain itu, terobosan inovasi kelembagaan dengan membentuk IKA ITS Pengurus Cabang (PC) di wilayah Jatim tentunya akan memperkuat sinergi dan kiprah alumni ITS di wilayah Jatim. “Bagaimana kita bisa berkontribusi maksimal dalam membangun negeri, bila kita belum bisa berkontribusi maksimal dalam membangun Jawa Timur?” tegas putra Madura, yang sehari-hari juga Dosen Transportasi S2 Terapan Teknik Infrastruktur Sipil ITS.

Acara Talkshow Alumni akan dipandu oleh 2 orang host atau moderator ternama yang handal, yakni Cak Mad dan Ning Anita, dan mereka berdua juga Anggota SC Muswil. Cak Mad, sebutan dari Ir. Rachmad Hidayat, ST., MM, adalah Founder & CEO RachPro Consulting, yang juga Alumni Teknik Industri ITS 1991 (TI-007). Sedangkan Ning Anita, panggilan dari Anita Puji Utami, ST., adalah Dirut PT Adiluhung Sarana Segara Indonesia (ASSI). Alumni FTK ITS 1991 ini dikenal sebagai sosok wanita tangguh, dan juga baru terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) 2022-2026.

Selain piawai menavigasi perusahaan industri kapal, Ning Anita juga piawai soal incip-incip kuliner. Untuk itu, Ning Anita mengajak alumni ITS untuk hadir menyemarakkan acara Muswil di akhir pekan ini, karena akan disajikan aneka menu jajanan dan kuliner khas Jawa Timur di arena Muswil. Rencana ini juga diamini oleh Cak Fandy Natahiwidha, selaku Ketua Organizing Committee (OC) Muswil. Bahkan di perhelatan Muswil kali juga juga dimeriahkan dengan Mini Fair, yang akan menyuguhkan karya dan produk-produk inovatif para pegiat StartUp, dari kalangan alumni muda ITS.

“Ayo Cak & Ning, buruan hadir, rugi lho nek gak teko…!!!”, tutur Cak Fandy, Ketua Panitia Muswil.

Siapa Ketua IKA ITS PW Jatim Selanjutnya?

Jejak digital terkait siapa Ketua IKA ITS PW Jatim selanjutnya ternyata dapat kita temukan pada berita media online, jatimnow.com sejak tahun lalu, persisnya di acara Halalbihalal yang digelar di Surabaya, Rabu (25/5/2022). Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi digadang-gadang menjadi Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) Pengurus Wilayah Jawa Timur periode mendatang. Suara tersebut disampaikan para pengurus IKA ITS Jatim saat kegiatan halalbihalal yang digelar di Surabaya, Rabu (25/5/2022).

“Kami selipkan agenda itu karena masa jabatan saya menjelang selesai, dan banyak yang menghubungi saya berkata kalau setelah periode saya supaya dilanjutkan oleh Wali Kota Surabaya (Eri Cahyadi),” ujar Wahid Wahyudi, Jumat (27/5/2022). Namun, akankah kutipan jejak digital tersebut benar-benar jadi kenyataan di Muswil IKA ITS PW Jatim kali ini? Kita nantikan episode berikutnya.

Menanggapi penyelenggaraan Muswil, Yoke Chandra Katon, ST., MT., Anggota SC Muswil ini berharap dapat berlangsung melalui mekanisme musyawarah mufakat. Menurut Cak Yoke, alumni Teknik Kimia ITS K33, yang juga Komisaris PT Semen Gresik, dalam organisasi perkumpulan atau paguyuban, seperti organisasi ikatan alumni, tentu akan lebih afdhol bila dikedepankan sistem musyawarah mufakat, termasuk dalam penentuan siapa ketuanya. Pandangan ini senada Ir. Hamdani Bantasyam, ST., MMT., IPU., Anggota SC Muswil yang juga Alumni Tekim ITS K-31.

“Saiki zamane kolaborasi, dengan mengedepankan strategi blue ocean, jadi tak relevan lagi alias wes ra musim rame-rame dalam pemilihan ketua. Muswil dengan penentuan ketua yang sejuk, damai, dan cepat tentu lebih baik”, ujar Cak Ham, Owner PT. Energi Quarto Indonesia, juga sosok aktivis ITS yang insyaallah akan segera mengakhiri masa lajangnya.

Terakhir, kami, seluruh panitia Muswil, mohon doa dan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, terutama keluarga besar ITS agar penyelenggaraan Muswil IKA ITS PW Jatim kali ini dapat berlangsung dengan lancar, dan dapat benar-benar dapat memperkukuh Sinergi dan Kiprah Alumni Membangun Negeri.(zal)

Related posts

Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Bondowoso

Yukata Lebih Praktis Daripada Kimono

redaksi

UNDIRA Gelar Workshop Untuk Dosen Tingkatkan Sinta Score