Tingkatkan Perekonomian Desa Kemangsen dengan Pengelolaan Tanaman Produktif dan Ikan

43 views

Darmawan, Sekretaris Desa Kemangsen

Sidoarjo, Pancarkan.com – Program ketahanan pangan desa Kemangsen, Kecamatan Balengbendo dari desa kembali kepada masyarakat terdapat 2 progam, yaitu pengelolaan tanaman produktif dan pengelolaan ikan. Yang dimana masing-masing progam akan diletakan di wilayah tanah kas desa Kemangsen, yang posisinya berada di depan balai desa, dan sangatlah strategis untuk menjalankan program tersebut.

Kepala desa Kemangsen yaitu Abdul Rouf pada saat dihubungi perwarta pancarkan.com, dapat melakukan komunikasi dengan seketaris desa bernama Darmawan untuk melakukan pembahasan progam ketahanan pangan desa Kemangsen. Yang dimana pada saat ini pemerintah desa Kemangsen sudah melakukan survei, sekaligus meneliti objek yang akan digunakan untuk kepentingan penanaman tanaman dan pengelolaan ikan tersebut.

“Hingga sat ini progam yang akan dilaksanakan terlebih dahulu adalah penanaman tumbuhan hijau seperti buah-buahan atau tanaman palawija, yang memang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa untuk kepentingan di jual kembali dalam bentuk mentahan dan olahan makanan nantinya,” ujar Darmawan selaku Sekretaris Desa, Selasa (22/11/2022).

Hal tersebut nantinya sebelum dilaksanakan progam ketahanan pangan ini dilaksanakan pemerintah desa Kemangsen akan bekerjasama dengan instansi-instansi lainnya. Untuk dapat melakukan progam pelatihan baik dibidang penanaman tanaman produktif, serta pengelolaan ikan. Sehingga masyarakat ini bisa menghasilkan perekonomian bagi masyarakat itu sendiri dalam menjalankan progam desa dalam ketahanan pangan.

“Pada saat ini kami juga masih menyiapkan segala kebutuhanya agar pada saat pelaksanaanya nanti sudah dapat disiapkan semua dan tidak menimbulkan kendala serta bisa digunakan untuk kepentingan jangka panjang dalam progam ketahanan pangan,” ungkap Darmawan.

Darmawan berharap, semoga progam ketahanan pangan penanaman tumbuhan produktif dan pengelolaan ikan ini dapat berjalan lancar dan tidak mendapatkan suatu permasalahan apapun di kedepannya.

“Oleh karena itu, kami selaku pemerintah desa akan selalu mengusahakan secara maksimal agar ini semua bisa berjalan dengan lancar,” pungkas Darmawan selaku Sekretaris Desa. (ard)

Reporter: Rizky Ardyanto

Editor: Rizal

Desa Kemangsen Sidoarjo