Perkenalkan Produk UMKM Warga, Program Bumdes Sejahterakan Desa Ponokawan

18 views

Kepala Desa Ponokawan

Sidoarjo, Pancarkan.com – Progam Bumdes sejahterakan desa Ponokawan yang menjadi solusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan desa Ponokawan. Dengan menghadirkan Desa Wisata berupa kolam Pancing ikan dengan kedai kopi, yang memang digunakan untuk membuat kesejahteraan masyarakat desa yang berlokasi dibelakang balai desa Ponokawan.

Jenis Bumdes yang dimiliki oleh desa Ponokawan ini adalah holding. Dengan konsep yang bertajuk Dewi ‘Desa wisata’ yang memiliki banyak jenis usaha, yang memang Bumdes ini terlahir pada tahun 2017. Sedangkan untuk kedai kopi beserta kolam pemancingan ini terlahir pada tahun 2020 awal.

“Hal tersebut tinggal kita tindak lanjuti dalam berjalannya kedai kopi dan kolam pancing yang memang Sedang berjalan dengan lancar sejauh ini. Dan pemuda karang taruna pun turut membantu dalam melancarkan progam tersebut. Sehingga sampai saat ini kedai kopi dan kolam pancing masih berjalan dengan baik dan menghasilkan perekonomian yang baik,” ucap Kepala Desa Ponokawan, Selasa (22/11/2022).

Pada saat ini kebanyakan pengunjung juga menikmati suasana malam dengan adanya penyanyi yang memang membuat nyaman para pembeli yang hadir di kedai kopi tersebut. Peserta yang ikut dalam acara mancing pun sangat mengapresiasi dengan adanya progam Bumdes sejahtera ini. Selain bisa menjadi hiburan bagi mereka yang hadir dalam mengikuti kegiatan memancing.

“Hingga saat ini akan kami tingkatkan kembali dalam hal ini melibatkan produk UMKM warga desa Ponokawan. Untuk dapat menghasilkan karya cipta UMKM, sehingga warga desa sendiri juga dapat merasakan peningkatan ekonomi pendapatan dan pemasukan bagi warga itu sendiri,“ ungkap Kepala Desa Ponokawan.

Sesuai dengan nama Bumdes Sejahtera ini, Kepala Desa Ponokawan berharap dapat mensejahterakan seluruh masyarakat desa Ponokawan secara merata. Sehingga desa Ponokawan bisa mengurangi angka pengangguran terhadap anak mudanya, serta menciptakan generasi muda yang siap bersaing secara sektor bisnis usaha kedai kopi dan kolam pancing.

“Oleh karena itu, sekarang ini generasi muda perlu pengalaman dalam bidang bisnis, agar bisa berjalan dengan lancar. Lahirnya entrepeunership baru di wilayah kabupaten Sidoarjo bisa menjadi percontohan bagi pemuda-pemuda lainya,” pungkas Kepala Desa Ponokawan ketika dikonfirmasi oleh awakmedia Pancarkan.com. (ard)

Reporter: Rizky Ardyanto

Editor: Rizal

Bumdes Desa Ponokawan Sidoarjo