Seluruh Wilayah RW di Kota Surabaya Bakal Dipasang CCTV

58 views

Arif Fathoni: Paling Tidak Bisa Meminimalisir Tingkat Kejahatan

Arif Fathoni SH, Ketua DPD Fraksi Golkar Surabaya

Surabaya, Pancarkan.com, Arif Fathoni selaku Anggota Komisi A DPRD dan juga Ketua fraksi Golkar Surabaya mengemukakan pendapatnya mengenai pengadaan kamera CCTV yang rencananya bakal dipasang di seluruh penjuru Kota Surabaya.

Pengadaan kamera pengawas tersebut, ujarnya, sempat diadakan sejak tahun 2020 oleh Pemerintah Kota Surabaya. Tak hanya itu, ia juga menyatakan jika pemasangan kamera CCTV tersebut diprakarsai oleh perputaran ekonomi yang cukup tinggi di Surabaya. Sehingga untuk antisipasi serta menekan tingkat angka kriminalitas agar tidak menjadi semakin tinggi.

“Sejak tahun 2020, Pemerintah Kota itu secara bertahap sudah mendorong dan mengalokasikan pengadaan CCTV yang ada di jalan-jalan yang dinaungi oleh RW,” terang Arif Fathoni saat tengah diwawancarai di gedung DPRD Kota Surabaya, Kamis (17/112022).

“Dikarenakan apa? Kota Surabaya ini kan ibukota Jawa Timur, dan perputaran ekonominya cukup tinggi daripada kota-kota yang lain. Otomatis dikhawatirkan potensi angka kriminalitas itu diperkirakan akan semakin naik,” sambungnya.

Arif juga menuturkan, fungsi kamera CCTV tersebut bertujuan untuk memudahkan segala aktivitas pemerintah dalam mengawasi berbagai wilayah yang ada. Dan pada akhirnya juga akan berguna bagi para pihak kepolisian dan juga para petugas lain yang sedang bertugas.

“Fungsi CCTV itu sebenarnya kan mengkoneksikan semua wilayah dalam satu layar. Sehingga ketika ada potensi gangguan keamanan ketertiban umum, kita bisa memberikan petunjuk awal kepada pihak kepolisian ataupun pihak satpol pp,” ungkap salah satu Anggota Komisi A DPRD Surabaya yang dikenal kritis dalam menyikapi.

Pada akhir wawancara, dirinya mengungkapkan jika pada tahun 2024 mendatang, program pengadaan CCTV tersebut dapat terealisasikan di seluruh wilayah RW yang ada di kota Surabaya. Arif juga berharap agar seluruh pelaku tindak kriminalitas di kota Surabaya dapat diberikan hukuman yang tegas, apabila tetap melanggar aturan-aturan hukum yang berlaku.

“Paling tidak, itu kan bisa meminimalisir tingkat kejahatan di kota Surabaya. Saya juga berharap pada tahun 2024 nanti semua wilayah RW yang ada di kota Surabaya ini sudah terkoneksi melalui pantauan CCTV,” tandasnya.

Sebagai informasi, Pemerintah kota Surabaya berencana memasang kamera pengawas CCTV di seluruh wilayah tingkat RW.

Dengan demikian, diharapkan dapat menekan serta antisipasi kenaikan angka kriminalitas yang ada di kota Surabaya. Mengingat pencurian motor pada akhir-akhir ini juga sering marak terjadi dan kerap semakin meresahkan para masyarakat Surabaya. (bar)

Reporter: Akbar Akeyla Daniswara

Editor: Rizal

Anggota Komisi A CCTV DPRD Surabaya Ketua DPD Golkar Surabaya Pelaku Begal