Pancarkan.com
Peristiwa

Pembinaan Madabintal Siswa SMK Hasan Jupri Bawean Selama Empat Hari

Para siswa yang mendapatkan pembinaan fisik dan mental

Babinsa Sangkapura Latih Mental dan Fisik Delapan Siswa Jurusan NKPI

Gresik, Pancarkan.com-Madabintal atau Masa Dasar Pembinaan Fisik dan Mental siswa jurusan NKPI (Nautica Kapal Penangkap Ikan) SMK Hasan Jupri Bawean, dilaksanakan selama empat hari mulai Sabtu 17 September 2022 sampai dengan Selasa 20 September 2022, diikuti oleh 8 orang siswa jurusan NKPI, Kamis (22/9/2022).

Pelatihan Madabintal menjadi agenda tahunan SMK Hasan Jupri Bawean, dan masuk dalam kurikulum pelajaran jurusan NKPI dengan maksud dan tujuan untuk menggembleng serta menumbuhkan sikap mental dan fisik, juga memupuk jiwa korsa dari siswa jurusan NKPI. Dengan memiliki fisik dan mental yang baik, serta berdisiplin dalam belajar akan mendukung kedepannya menjadi calon pelaut-pelaut muda yang handal.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SMK Hasan Jupri Bawean Aidil Faiz, S.Sy, M.Pd, mengatakan, bahwa pihak Yayasan Ponpes Hasan Jupri Bawean sering bekerjasama dengan Koramil 0817/17 Sagkapura dalam hal pembinaan fisik dan mental siswa.

“Para siswa mulai tingkat Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan SMK Hasan Jupri Bawean rutin dilatih oleh TNI dari Koramil Sangkapura dengan pelatihan baris berbaris dan wawasan kebangsaan, yang biasanya dilaksanakan pada awal tahun pelajaran baru setiap tahunnya,” tuturnya.

Sehingga pihak Yayasan Ponpes Hasan Jupri Bawean, lanjut Aidil Faiz, berkordinasi dengan Danramil 0817/17 Sangkapura Kapten Arh Kuntoko S.M, agar dapat menugaskan salah satu anggotanya untuk memberikan pelatihan dalam program Madabintal atau Masa Dasar Pembinaan Fisik dan Mental Jurusan NKPI yg diselenggarakan selama empat hari.

Danramil 0817/17 Sangkapura kemudian memerintahkan Peltu Wega W. Gaffar untuk menjadi pelatih Madabintal siswa jurusan NKPI SMK Hasan Jupri Bawean. Ditengah pelaksanaan, Peltu Wega, mengatakan, dalam memberikan program latihan disesuaikan dengan kondisi peserta latihan dan tempat latihan.

“Peserta latihan adalah siswa kelas 1 jurusan NKPI SMK Hasan Jupri Bawean, yang notabene remaja sedang dalam masa peralihan dari usia SMP ke usia SMA dan masih senang-senangnya bermain. Sehingga tempat untuk berlatih adalah alam terbuka di pantai Tanjung Anyar Desa Lebak, dimana terdapat bukit kecil juga sehingga untuk latihan fisik dan baris berbaris serta memberikan pelajaran wawasan kebangsaan dan pembinaan mental tempat tersebut sangat ideal,” ungkapnya.

Masih Peltu Wega W. Gaffar, program pelatihan yang menggunakan metode belajar sambil bermain di alam terbuka bertujuan untuk membentuk siswa yang mempunyai sikap, fisik dan mental bagus.

“Serta berdisiplin dan memiliki jiwa korsa dan budi pekerti tinggi, yang terpenting menciptakan rasa kecintaan untuk bangsa dan Negara,”pungkasnya.

Madabintal ditutup dengan prosesi pencarian dan penempuhan badge NKPI di bukit, penyematan badge NKPI oleh Kepala Sekolah SMK Hasan Jupri Bawean, Ketua Jurusan NKPI dan Guru Pembina NKPI serta Peltu Wega W. Gaffar sebagai pelatih. (bah)

Related posts

Datang ke Grahadi, Gus Ipul Beri Kenang-Kenangan Buku Kepada Khofifah

redaksi

Danramil 0815/ 05 Gedeg Turun Langsung Kawal Panen Padi

redaksi

Lomba Kicau Burung Banyuwangi Diwarnai Kericuhan

redaksi