Pancarkan.com
Politik

Indopol Launching Kantor dan Gelar Diskusi Peta Politik Jatim di Pemilu 2024

Indopol ketika menggelar diskusi peta politik Jatim

Surabaya, Pancarkan.com – Lembaga Indopol Survey and Consulting secara resmi membuka kantor perwakilan di Jawa Timur pada hari Kamis, 15 September 2022, tepatnya di Jalan Jemursari Selatan IV Nomor 16 Kav. 34 Surabaya. Indopol memandang penting membuka kantor di jatim, karena jatim ini sebagai kantong suara terbesar kedua setelah jawa barat, masyarakatnya beragam latar belakangnya, dan salah satu penentu perkembangan politik dan ekonomi secara nasional.

Fauzin Ahmad menyatakan bahwa untuk membangun demokrasi jawa timur yang lebih berkualitas penting kiranya berdemokrasi berbasis pada data, dan cara memperolehnya bisa dilakukan oleh Lembaga survey semacam Indopol.

“Seperti dalam penentuan Daerah Pemilihan (Dapil) atau penempatan figur Calon DPR dan DPRD pada dapil tertentu ya seharusnya berdasarkan pada data hasil survey, sehingga gerakan partai itu terukur dan tepat sasaran,” ujarnya, Kamis (15/09/2022).

Serangkain acara (mulai dari Khataman, Do’a Bersama, Potong Tumpeng dan ditutup dengan Diskusi tentang Peta Politik Jawa Timur di Pemilu 2024). Khusus acara diskusinya, hadir sebagai narasumber yaitu Choirul Anam (Ketua KPU Provinsi Jawa Timur), Agus Maimun (Politisi PAN Jawa Timur), Airlangga Pribadi (Universitas Airlangga), dan Direktur Eksekutif Indopol.

Diskusi yang dipandu langsung oleh Fauzin Ahmad (Direktur Operasional Jawa Timur) berlangsung mulai pukul 13.00 hingga pukul 16.00. Audien yang diundang dalam Diskusi berasal dari PKS, Partai Perindo, Partai Gelora, Partai Umat, Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai PDI Perjuangan, Partai Gerindra dan organisasi kepemudaan serta perwakilan dari media di area jawa timur.

Diskusi diawali dengan paparan hasil survey oleh Direktur Eksekutif Ratno Sulistiyanto. Indopol dalam surveynya memotret banyak aspek, diantaranya terkait dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi Ma’ruf Amin hingga tentang potensi poros yang akan mengusung pasangan Capres dan Cawapres pada Pemilu 2024.

Apresiasi atas peresmian Kantor Indopol Jatim ini berasal dari narasumber dan para peserta diskusi. Choirul Anam menyatakan bahwa hasil survey dari Lembaga Independen akan menjadi rujukan yang bukan hanya bagi partai politik, tapi juga rujukan bagi instansi seperti KPU.

“Indopol sebagai Lembaga independent, tentu akan menghasilkan hasil survey yang akan menjadi rujukan, termasuk bagi KPU, misalkan kaitannya dengan perilaku pemilih”, kata Choirul Anam.

Apresiasi juga disampaikan oleh Agus Maimun, politisi PAN Jawa Timur ini menganggap penting hasil survey sebagai referensi, meskipun hasil survey itu sifatnya tidak titik tapi koma.

“Indopol perlu memotret perilaku pemilih milenial atau pemilih kaum muda. Di Jatim inijumlah anak muda sangat besar dan seringkali mereka menentukan pilihan di detik-detik akhir, sehingga Indopol harus punya rumusan agar mampu memotret arah pilihan politik kaum milenial ini”, tegasnya Agus Maimun. (fat)

Reporter: Fathur Rohman
Editor: Rizal

Related posts

Pemuda Pancasila Kota Surabaya Rapatkan Barisan: Semua Kader Bersiap dan Wajib ‘Balik Kandang’

Ketika BHS-Taufiq Serta Istri Pamer Kemesraan

redaksipancarkan

Gelar Diskusi Panel, Polda Jatim Ajak Awak Media Sinergi Pemberitaan Pemilu 2024