Pancarkan.com
Peristiwa

Rayakan Idul Adha 1443 H Masjid AT Tauhid PBI Sembelih 22 Ekor Hewan Kurban

Penyerahan hewan kurban kepada Ketua Panitia Masjid At Tauhid PBI

Takmir dan Jamaah Masjid AT Tauhid PBI Kembali Berkurban Sebanyak 15 Ekor Sapi 

Surabaya, Pancarkan.com-Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1443 H, Masjid AT-Tauhid Perum Pondok Benowo Indah (PBI), Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal Surabaya, menyelenggarakan sholat Idul Adha yang dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban, Minggu (10/7/2022).

Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu momentum dimana umat Islam memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim As bersedia mengorbankan putranya Nabi Ismail As atas perintah Allah SWT.

Panitia pelaksana penyembelihan hewan kurban

Dalam sambutannya, Takmir masjid ustad Ali Mustofa, mengucapkan, terimakasih yang sebesar-besarnya atas segala kepercayaan bapak-ibu, jamaah dan warga masyarakat PBI yang telah menitipkan hewan kurbannya kepada kami.

“Terima kasih kepada para pengurban dan seluruh panitia, dengan keikhlasannya telah membantu terselenggaranya sholat Idul Adha dan proses penyembelihan hewan kurban di Masjid AT-Tauhid pada tahun ini,” ucapnya.

Pantauan Pancarkan.com, Sholat Idul Adha terlaksana dengan khidmat dan tertib, sementara yang bertindak sebagai Khotib Ustad Khofiyul Arif, S.Pdi dari Surabaya dan yang bertugas sebagai Bilal Ustad Mochamad Ainun.

Dalam pemaparan khutbahnya, ia mengajak jamaah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Karena kualitas ketaqwaan dilakukan dengan cara memperbanyak amal Sholeh dan meningkatkan mutu derajat keimanan seseorang. Pihaknya menyampaikan percakapan Nabi Ibrahim As dengan Nabi Ismail As yang sudah baligh saat itu, “Wahai anakku, sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku diperintahkan untuk menyembelih.

“Pikirkanlah apa pendapatmu ?” Nabi Ismail As menjawab, “Wahai ayahku lakukanlah apa yang diperintahkan Allah SWT kepadamu, Insya allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang sabar,” papar Ustad Khofiyul Arif.

Foto bersama usai pelaksanaan sholat Idul Adha 1443 H di Masjid AT Tauhid PBI

Di Masjid AT Tauhid PBI, pada tahun ini berhasil menyembelih hewan kurban total sebanyak 22 ekor, diantaranya 17 ekor Sapi dan 5 ekor Kambing, dengan rincian 15 ekor sapi dari takmir dan jamaah masjid, 1 ekor dari PT Terminal Peti Kemas Nilam Surabaya dan 1 ekor dari Masyudi warga PBI. Sementara 5 ekor kambing juga berasal dari para jamaah dan masyarakat Pondok Benowo Indah.

Saat pelaksanaan penyembelihan dihadiri Bhabinkamtibmas Babat Jerawat Aiptu Khoiry Alfath, Babinsa Babat Jerawat Sertu Sunarto dan Koptu Didik, serta Humas LPMK Somali dan Linmas Babat Jerawat Jefri. Acara dilanjutkan dengan serah terima hewan kurban dari Wakil Ketua Takmir Masjid Santiaji, M.Pd kepada ketua Panitia Sunar Fanur, yang disaksikan oleh para pengurban, pengurus takmir, dan jamaah masjid.

Disela-sela acara penyembelihan, Ketua Panitia menyampaikan, Idul Adha bermakna keteladanan Nabi Ibrahim As yang mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan. Hal tersebut merupakan peristiwa yang harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang menunjukkan ketaqwaan, keikhlasan, dan kepasrahan seorang Nabi Ibrahim As pada titah sang pencipta.

Reporter : Sunar

Related posts

Danrem 084/Bhaskara Jaya Kunker di Kodim Surabaya Utara

Koramil Puri Bangun 16 Unit Jamban Sehat

redaksi

Apresiasi Anggota, Dandim Surabaya Timur Kunjungi Makoramil Kenjeran

redaksi