Giat Aman Nusa 2 Kapolsek Pakal Monitoring Kandang Rojo Koyo

226 views

Kapolsek Pakal bersama tiga pilar dan instansi terkait di kandang Rojo Koyo Pakal

Dalam Rangka Antisipasi Wabah Virus Penyakit Mulut dan Kuku di Wilayah Pakal

Surabaya, Pancarkan.com– Mendukung atensi pemerintah terkait dengan kegiatan Aman Nusa 2 secara serentak, Kapolsek Pakal Kompol Bambang Eko Sujarwo SH, MH bersama Tiga Pilar dan instansi terkait melaksanakan giat monitoring kandang sapi di Kampung Sidorejo Kelurahan/Kacamatan Pakal Surabaya, Sabtu (2/7/2022).

Hal tersebut dalam rangka kegiatan Aman Nusa 2 secara serentak, antisipasi penyebaran wabah PMK (penyakit mulut dan kuku) dan memastikan hewan ternak dilokasi tersebut sehat, diantaranya, terkait pembersihan area kandang,  penyemprotan disinfektan, penyekatan, vaksinasi, pengobatan dan serta pemberian jamu.

Monitoring tersebut dilaksanakan di kandang sapi Rojo Koyo milik H. Suyatno Kampung Sidorejo 1 Kelurahan Pakal Kec. Pakal. Dimana kandang tersebut sudah berdiri sejak 1997 yang dikelola oleh kelompok tani Pakal.

Proses pembersihan area kandang

Dilokasi Kandang, Kapolsek Pakal Polrestabes Surabaya Kompol Bambang Eko Sujarwo, menyampaikan, TNI-Polri bersama Tiga Pilar Pakal mendukung adanya kegiatan pemerintah, khususnya wek order yang mengedepankan baik Dinas Peternakan maupun Pertanian di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk memastikan bahwa penanganan daripada wabah PMK diwilayah Kota Surabaya dapat dikelola dengan baik.

“Saat ini kami bersama tiga pilar dan dinas terkait melaksanakan pencegahan terkait dengan penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak, ini kita lakukan dalam rangka partisipasi kegiatan giat operasi Aman Nusa 2 yang di fokuskan pada antisipasi penyebaran virus PMK. Salah satu upaya yang kita lakukan untuk mencegah, diantaranya, pembersihan kandang secara rutin, penyemprotan disinfektan, memberikan jamu pada hewan, yang bahannya tersiri dari laos, kunyit, jahe, telor, temulawak dan madu serta bahan bahan alami lainnya,” ungkap Kapolsek.

Pemberian jamu serta vitamin kepada hewan ternak

Selain itu, lanjut Kapolsek, juga diberikan tablet vitamin di oplos kemudian diberikan pada hewan ternak tersebut, yang bertujuan agar hewan hewan yang sudah sehat itu akan mempunyai kekebalan terhadap serangan penyakit PMK.

“Sementara hewan hewan disini sudah dilaksanakan vaksinasi agar lebih kebal terhadap serangan virus PMK, kegiatan ini rutin kita laksanakan dengan peternak untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus tersebut di wilayah Pakal. Dan sebagai panduan, kita sudah menempelkan beberapa aturan kegiatan yang harus dipatuhi oleh peternak, sehingga kita bisa bersama sama menjaga terkait penyebaran virus penyakit mulut dan kuku,” tegas Kompol Bambang.

Kapolsek Pakal didampingi Kanit Samapta Ipda Rustam SH bersama Bhabinkamtibmas Kel. Pakal Aipda Rohmad, Babinsa Koramil Benowo Serda Solikun, Koptu Didik dan Kasi Tramtib Pakal Asim serta Satpol PP Kecamatan Pakal Santoso dan anggotanya, membantu petugas kandang Rojo Koyo pemberian jamu kepada hewan ternak (sapi) yang ada di lokasi tersebut. (bah)

 

Giat Aman Nusa 2 Kapolsek Pakal Monitoring Kandang Rojo Koyo