Kapolsek Pakal Datangi Lokasi Kebakaran Pabrik Pupuk

152 views

Lokasi kebakaran

Surabaya, Pancarkan.com-Terjadi kebakaran yang berlokasi di wilayah Kecamatan Pakal Surabaya, diduga sebuah gudang atau pabrik pupuk PT. Agro Nusantara Internasional No 27, Kamis (30/6/2022) siang.

Kapolsek Pakal Kompol Bambang Eko Sujarwo SH, MH turun langsung bersama anggotanya melakukan pengecekan dilokasi terjadinya kebakaran. Kejadian tersebut diperkirakan terjadi pukul 13.30 Wib, dan menimpa sebuah ruangan laboratorium tempat pengujian pupuk, diduga berasal dari percikan api didalam lemari Asam tersebut.

Sementara dilokasi kebakaran, tampak 5 unit mobil Damkar dan api sudah berhasil dipadamkan yang selanjutnya dilakukan proses pendinginan. Selain itu juga, terlihat anggota Satpol PP dipimpin Kasi Tramtib Kecamatan Pakal Asim, petugas BPBD, Babinsa Koramil Benowo Serda Solikun, Linmas dan petugas pemdam Rayon Barat, adapan mobil Damkar 1 unit Tandes, 1 unit Kandangan dan 1 unit Pakal, dibantu 2 unit dari Pasar Turi.

Saat dimintai keterangan oleh petugas, perwakilan PT. Agro Nusantara Internasional, menerangkan, bahwa melihat ada percikan api dari lemari Asam yang kemudian menjalar ke belakang dan keatas, lalu pihaknya juga berusaha untuk mematikannya.

“Terlihat ada percikan api dari lemari Asam terus menjalar ke belakang lalu keatas, yang pertama bagian muka saya berusaha mematikan pakai tangan dan menjalar kedalam ada percikannya saya siram pakai air sudah mati. Ternyata masih ada percikannya kebelakang lalu keatas, karena kan lemari asam itu dari kayu jadi mudah terbakar,” terangnya.

Kapolsek Pakal bersama Kasi Tramtib dan petugas Damkar cek ruangan yang terbakar

Ditemui dilokasi, Kapolsek Pakal Kompol Bambang Eko Sujarwo, membenarkan adanya kebakaran yang terjadi di PT. Agro Nusantara Internasional tersebut. Pihaknya mengaku menerima informasi bahwa telah terjadi kebakaran di  Jl. Raya Pakal No 27 Surabaya, yang kemudian bersama sama anggotanya mendatangi lokasi untuk melakukan pengecekan.

“Setelah dilokasi ternyata teman teman dari PMK sudah datang dan api juga sudah bisa di padamkan. Keterangan dari penanggung jawab atau pemilik atas nama bu Devi, yang terbakar adalah lemari Lab pengujian pupuk PT. Agro Nusantara Internasional yang bergerak di bidang pupuk, jadi yang terbakar adalah labnya, yaitu sebuah lemari,” ucap Kapolsek.

Sementara, keterangan dari petugas lab, lanjut Bambang, berawal adanya percikan api yang berasal dari lemari asam dan letaknya didalam ruang lab. Setelah coba dimatikan dan disiram dengan air ternyata api menjalar keatas dan terjadi kebakaran.

“Setelah itu, ia meminta bantuan kepada pemadam kebakaran untuk melakaukan pemadaman dan alhamdulillah sudah bisa padam. Untuk korban jiwa pada kejadian tersebut sampai saat ini tidak ada (nihil), sementara kerugian metrial masih di kalkulasi jadi belum bisa di tafsir dan dipastikan, hanya sebatas lemari lab itu saja,” ungkap perwira Polisi dengan satu melati di pundak ini.

Menurutnya, pihaknya juga belum mendapat informasi terkait penyebab kejadian kebakaran itu dan masih dilakukan pendalaman. Yang terpenting sekarang api sudah berhasil di padamkan, sehingga tidak merambah kemana mana.

“Belum diketahui pasti penyebabnya, sesuai keterangan salah satu perwakilan karyawan hanya berawal dari adanya percikan api dari dalam lemari asam tersebut,” pungkas Kapolsek Pakal. (bah)

 

 

Datangi Lokasi Kebakaran Kapolsek Pakal Pabrik Pupuk