Chess Turnament Polsek Tandes Diikuti Master Internasional dan Nasional

128 views

Kapolsek Tandes Kompol Danu Anindhito memantau langsung pertandingan catur antara Master Internasional vs Master Nasional

Pertandingan Catur Dalam Rangka Meriahkan Hari Bhayangkara ke 76

Surabaya, Pancarkan.com-Polsek Tandes Polrestabes Surabaya mengadakan “Polsek Tandes Cup 2022 Chess Tournament” yang diselenggarakan di GOR Galing Jl. Banjarsugihan Kec. Tandes Surabaya, dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara Ke-76. Sebagai Polri Yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi Demi Reformasi Struktural Untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Kegiatan turnamen catur yang dimulai sejak pagi pukul 09.00 Wib tersebut dengan total peserta sebanyak 80 orang, berasal dari dalam maupun luar kota. Sementara dari luar kota, diantaranya Probolinggo, Mojokerto, Sumenep hingga Yogyakarta Jawa Tengah.

Wakapolsek Tandes AKP GK. Antara mewakili Kapolsek menutup kegiatan lomba catur serta memberikan hadiah uang tunai dan Trophy kepada juara

Mewakili Kapolsek Tandes Kompol Danu Anindhito Kuncoro Putro S.I.K, MH, Wakapolsek AKP GK. Antara secara resmi menutup pertandingan turnamen catur yang digelar di GOR Galing pukul 17.00 Wib, Minggu (26/6/2022) sore.

Turnament yang dilaksanakan dengan sistem gugur dan kelompok usia campuran tersebut sangat meriah dan menegangkan. Bagaimana tidak, dalam peserta yang ikut terdapat 8 orang Master, baik Internasional maupun Nasional serta Lokal, sehingga menambah keseruan pelaksanaan pertandingan tersebut.

Terdapat seorang peserta termuda berusia 9 tahun, Rega Rumapar yang masih duduk di bangku sekolah Kelas 3 SD Manukan Surabaya berasal dari Club Surya Naga dengan meraih prestasi Juara 2 Percasi Kota Surabaya. Sedangkan salah satu senior senior adalah Ronny Gunawan asal Surabaya yang merupakan  Master Internasional.

Saat ditemui, Wakapolsek Tandes AKP GK. Antara, mengatakan, bahwa dalam rangka hari Bhayangkara ke 76 Polsek Tandes melaksanakan kegiatan catur yang dipusatkan di GOR Banjarsugihan, tujuannya adalah bersama masyarakat turut menyemarakan hari bhayangkara ini.

“Kemudian resiko yang timbul dari permainan catur ini ndak terlalu tinggi, dalam artian permainan ini kan hanya diam diam saja, ndak perlu suporter dan dilaksanakan dalam posisi duduk jadi sportifitasnya lebih terjaga, jadi dalam hal ini kita menjamin keamanannya saja,” ujar Wakapolsek.

Sesuai perintah Polrestabes, lanjut AKP Antara, melalui Polsek Tandes satu minggu sebelumnya sudah diperintahkan kepada kita semua jajaran untuk melaksanakan kegiatan olahraga, pertandingan dalam bentuk apapun, termasuk sepek bola, bulutangkis, tenis meja.

“Kita di Polsek Tandes melaksanakan perlombaan catur sudah satu minggu yang lalu kita rencanakan, sementara peserta bebas untuk umum, khususnya sekitar masyarakat tandes saja tapi mungkin undangannya atau informasinya sudah sampai keluar, termasuk para juara juara atau master master itu mendengar sehingga mereka berduyun duyun ke Tandes ini untuk ikut serta meramaikan acara ini,” ungkap AKP Antara.

Harapan kita kedepan, kata Antara, bisa tumbuh bakat bakat atau master master dari pemain anak anak bisa menjadi yang lebih profesional lagi dan mampu ke kancah nasional ini kita tumbuhkan dari yang bawah dulu. jika nanti mereka bertandingnya sudah bagus juara terus akan kita tampilkan ke tingkat nasional.

Sementara Wasit atau Juri Turnamen Catur dilokasi, menyampaikan, bahwa pertandingan catur Polsek Tandes kali ini diikuti oleh 1 master internasional dan 8 master nasional dengan total peserta 80 orang.

“Peserta bukan Cuma dari Surabaya saja, ada Bangkalan, Sidoarjo, Sampang, Mojokerto, dan masih banyak lainnya. Selain itu master master dari warga sekitar juga banyak, diantaranya ada beberapa peringkat di Galing ini adalah waga setempat,” papar Taufik yang juga termasuk Master Nasional.

Harapan kedepan, lanjut Taufik , kalau bisa diselenggarakan dengan hadiah yang lebih menarik lagi karena yang datang jadi peserta banyak dari kota kota luar Surabaya. Hal ini membuktikan peminat pertandingan catur cukup banyak.

“Untuk juara diambil 18 orang, mulai juara 1,2,3 dan 4, kemudian juara harapan 14 orang. Sementara pesertanya sebanyak 88 orang,” terangnya.

Setelah seluruh peserta selesai, kegiatan pertandingan catur “Polsek Tandes Cup Turnament Chess 2022” dinyatakan ditutup oleh Wakapolsek Tandes. Selanjutnya langsung dilaksanakan pemberian hadiah kepada para juara berupa uang tunai dan trophy. (bah)

Chess Turnament Diikuti Master Internasional Nasional Polsek Tandes