Lurah Bajer Rangkul Perguruan Silat Ajak Jaga Kondusifitas Wilayah

204 views

Lurah Babat Jerawat Drs. Gatot Subroto foto bersama para ketua perguruan silat

Surabaya, Pancarkan.com-Sebagai pemangku wilayah, Drs. Gatot Subroto MM menginginkan daerahnya aman, guyup, rukun dan kondusif. Oleh sebab itu, pihaknya mengundang para ketua ranting perguruan silat yang ada diwilayah Kel. Babat Jerawat Kec. Pakal untuk menjalin silaturahmi serta kordinasi dalam menjaga kondusifitas.

Dalam acara silaturahmi tersebut, Lurah Babat Jerawat Gatot Subroto, membahas tentang toleransi, saling menghormati, kerjasama, gotong royong, guyub rukun dan kerja keras. Sehingga nantinya tidak sampai terjadi adanya gesekan maupun ketersinggungan antar perguruan yang bisa memecah belah dan memunculkan kericuhan.

Gatot Subroto, menuturkan, bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara besar ke 4 (empat) dari segi populasi atau jumlah penduduk setelah Cina, Amerika dan India, dimana Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan adat istiadat, budaya, suku bangsa dan berbagai macam keyakinan serta agama yang terbina dan tumbuh subur.

“Bela diri atau pencak silat juga merupakan bagian budaya bangsa yang sangat adiluhung, serta sebagai wadah untuk menempa generasi muda menemukan jati diri yang berkarakter, dan berkepribadian ke Indonesiaan yang sejati,” tutur Gatot, Jumat (24/6/2022).

Menurutnya, Jumlah aliran perguruan pencak silat hingga saat ini terhitung sangat banyak lebih dari 1000 perguruan. Hal itu merupakan modal dasar dan sosial untuk terwujudnya ketahanan nasional, jangan mudah terprovokasi, terpecah belah dengan sesuatu yang sedang terjadi di wilayah lain.

“Tetap jaga kerukunan, kekompakan dan saling menghormati, pupuk rasa persaudaraan antar perguruan silat diwilayah Babat Jerawat dan Kota Surabaya, baik tingkat ketua maupun tingkat anggota warga perguruan silat. Sehingga wilayah bisa tetap aman dan kondusif jika kita dapat saling menghormati dan menghargai,” kata laki laki yang sangat santun tutur bahasanya ini.

Masih Gatot, mengadakan silaturahmi dan kordinasi dengan para ketua perguruan yang ada di wilayah, baginya sangat perlu dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman dalam menjaga kondusifitas wilayah.

Di akhir kordinasi, Lurah Babat Jerawat, mengucapkan terimakasih kepada para Ketua Ranting perguruan pencak silat,  yang telah hadir dalam kegiatan silaturahmi dan kordinasi tersebut. Diharapkan dengan adanya giat kordinasi bisa mempererat silaturahmi dan dapat menjaga hubungan persaudaraan semua perguruan silat.

“Jaga kerukunan, kekompakan silaturahmi kepada semua pihak, baik warga perguruan maupun juga dengan warga masyarakat umum, tidak mudah terprovokasi, diadu domba, tetap menjaga kekompakan dan kerukunan, mari bersama sama kita turut menjaga kamtibmas wilayah Babat Jerawat dan Pakal yang aman,” pungkas Gatot Subroto.

Hadir pada acara silaturahmi dan kordinasi bersama perguruan silat tersebut, Lurah Babat Jerawat Drs. Gatot Subroto MM bersama Staff, perwakilan PSHT, Pagar Nusa, PSH Winongo, Perisai Hati, Pandan Alas dan juga bela diri Jiu Jitzu. (bah)

 

Ajak Jaga Kondusifitas Lurah Bajer Rangkul Perguruan Silat