Pancarkan.com
Peristiwa

Anggota Babinsa Bajer Rajin Bantu Kegiatan Warga Binaan

Serda Sunarto bersama Lurah Bajer dan warga bersihkan pagar lapangan

Surabaya,Pancarkan.com-Anggota Koramil 0830/06 Benowo Serda Sunarto yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Babat Jerawat, turut melaksanakan Karya Bakti bersama warga di RW 10 Perum Pondok Benowo Indah (PBI), Minggu (12/6/2022).

Kegiatan karya bakti yang dilaksanakan di Lapangan olah raga RW 10 Kel. Babat Jerawat Kec. Pakal Surabaya dalam rangka persiapan acara Tasyakuran telah diterimanya PSU wilayah GBI, PBI dan Dreaming Land. Selain itu, kerja bakti itu tak lain guna menjaga lingkungan agar terciptanya wilayah yang bersih, rapi, sehat terhindar dari penyakit.

Danramil 0830/06 Benowo Mayor Inf Prasetyo Edi Tunggal melalui Babinsa Serda Sunarto, mengatakan, bahwa tugas Babinsa adalah melakukan pendampingan pada masyarakat binaannya dalam pelaksanaan segala kegiatan sosial, diantaranya adalah kerja bakti.

“Tugas Babinsa adalah ada di tengah tengah masyarakat setiap kali ada kegitan, seperti karya bakti ini kita melaksanakan pendampingan dan membantu warga dalam membersihkan lingkungan. Selin itu, terhadap kegiatan sosial warga yang lainnya juga akan kita dampingi agar tercipta masyarakat yang guyup rukun dan tentram,” ucapnya.

Serda Sunarto bersihkan rumput menggunakan mesin potong

Menurutnya, Babinsa merupakan garda terdepan dalam TNI yang bersentuhan langsung dengan warga untuk membantu kesulitan maupun kegiatan yang dilakukan. Oleh sebab itu, kita harus selalu berada di tengah tengah masyarakat.

Sementara Ketua RW 10 PBI Iriandi Lilo S.Sos, mengaku, bahwa pihaknya sangat bangga terhadap anggota Babinsa Koramil Benowo yang selalu hadir di setiap kegiatan warga. Pihaknya sangat terbantu dalam berbagai kegiatan dengan kehadirannya.

“Kami bersama warga RW 10 sangat berterimakasih kepada pak Sunarto yang selalu hadir membantu warga saat melakukan kegiatan seperti kerja bakti saat ini,” ucapnya.

Menurut Andi, bantuan berupa suport dan tenaga atau pendampingan yang diberikan oleh anggota Babinsa pada saat warga melaksanakan kegitan sangatlah penting. Sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman ketika melakukan kegitan tersebut jika ada anggota TNI yang turut bergotong royong bantu kesulitan warga.

“Beliau (Serda Sunarto dan Koptu Didik red) yang bertugas sebagai Babinsa di Kelurahan Babat Jerawat sangat aktif turun ke warga binaannya, selalu ringan tangan membantu segala kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat diwilayahnya,” ungkap Ketua RW 10 PBI ini.

Kerja bakti yang dilakukan warga RW 10 PBI kali ini adalah membersihkan rumput di sekitaran area Lapangan Olah Raga, yang nantinya rencana akan digunakan untuk kegiatan tasyakuran penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) oleh Pemerintah Kota Surabaya bersama warga GBI, PBI dan Dreaming Land Kel. Babat Jerawat Kec. Pakal.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Lurah Babat Jerawat Drs. Gatot Subroto MM, Ketua LPMK Babat Jerawat Daswiar Chandra, Babinsa Kel. Babat Jerawat Serda Sunarto, Kasatgas Linmas Kel. Babat Jerawat, Jajaran Staf Kel. Babat Jerawat, Satgas PU Kec. Pakal, Ketua RW 10  Andi Lilo, para Ketua RT 1-4 RW 10 PBI, para Ketua RW dan RT di wilayah Kel. Babat Jerawat, anggota perguruan silat PSHT ranting Pakal serta warga RW 10.

Kegiatan selama empat jam tersebut berjalan lancar hingga seluruh rumput diarea lapangan berhasil dibersihkan, sementara untuk sampah hasil kerja bakti langsung diangkut oleh petugas DKRTH Kota Surabaya menggunakan kendaraan truk. (bah)

Related posts

MUI Kecamatan Gubeng Gelar Rakercam Tahun 2022

Safari Ramadan, Walikota Surabaya Disambut Jamaah Masjid At Tauhid PBI

Tingkatkan Sinergitas Dengan Media Polres Gresik Rutin Gelar Piramida