Sebanyak 818 Orang Terima Bantuan BTPKLWN Tahun 2022

134 views

Petugas verivikasi data terhadap masyarakat penerima bantuan

Koramil 0830/06 Benowo Salurkan Bantuan ke Delapan Kelurahan

Surabaya,Pancarkan.com– Markas Koramil 0830/06 Benowo Jl. Raya Benowo Kel. Sememi Kec. Benowo mendadak ramai diserbu masyarakat dari dua kelurahan. Pasalnya, warga Kelurahan Benowo dan Babat Jerawat Kecamatan Pakal tersebut mendatangi markas koramil guna mengambil bantuan BTPKLWN (Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan) dari pemerintah yang disalurkan melalui TNI.

Danramil Benowo Mayor Inf Prasetyo menjelaskan cara pengisian data kepada warga penerima

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danramil 0830/06 Benowo, Mayor Inf Prasetyo Edy Tunggal, anggota Koramil 0830/06 Benowo. Turut membantu pada kegiatan tersebut LPMK Kel. Babat Jerawat, anggota Banser Pakal dan Mahasiswa UWP. Kegiatan di mulai pukul 08.00 Wib, yang mana warga penerima bantuan BTPKLWN sudah mulai berdatangan dengan membawa bukti undangan.

Adapun pada pelaksanaan dengan cara di panggil satu persatu sesuai dengan nomer antrian dan surat undangan, yaitu diawali dengan verifikasi data, Input data, Foto dengan membawa uang tunai Rp. 600 ribu, selanjutnya pengambilan uang dan verifikasi akhir.

Sementara jumlah warga Kel. Benowo yang terdaftar sebanyak 401 penerima dan Kel. Babat Jerawat sebanyak 417 penerima, kegiatan penyaluran bantuan yang dilaksanakan di markas koramil tersebut berjalan lancar dan tertib dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, yaitu seluruh warga penerima hadir dengan memakai masker.

Komandan Koramil 0830 Benowo Mayor Inf Prasetyo, mengatakan, bahwa pihaknya mendapatkan perintah dari pimpinan untuk menyalurkan dana BTPKLWN tahun 2022 tahap ke dua dari kementerian perekonomian bekerjasama dengan Mabes TNI sebesar enam ratus ribu rupiah. Untuk target Kodim 0830 Surabaya Utara sebanyak 15 ribu penerima, dan untuk Koramil Benowo sebanyak 3.332 penerima dengan target 8 kelurahan.

“Jadi setiap kelurahan mencapai empat ratus sekian dengan total 3.332 dan pembayarannya mulai hari Sabtu 16 April sampai dengan Rabu 20 April 2022 kita tuntaskan, pelaksanaannya kita gilir tetap dengan memegang protokol kesehatan dengan cara pagi satu kelurahan dan siangnya satu kelurahan. Warga setelah selesai mengambil uang selanjutnya divalidasi untuk mengambil snack, karena kami diberikan tanggungjawab untuk menyalurkan dana 600 ribu dan snack dari Mabes TNI dan dari kementrian,” paparnya, Minggu (17/4/2022).

Masyarakat penerima verivikasi data dengan tertib

Kami atas nama TNI, kata Prasetyo, mengucapkan banyak terimakasih atas ketertiban, kelancaran dan kenyamanan protokol kesehatan yang dilaksanakan oleh masyarakat Benowo dan Pakal selama kegiatan penyaluran dana BTPKLWN tahun 2022 ini.

“Semoga harapan kami masyarakat Benowo dan Pakal bisa menikmati dana bantuan dari pusat untuk keperluan dan kepentingan keluarga di masa pandemi ini, kami juga akan menyalurkan dana Bantuan Tunai Pangan untuk minyak goreng setiap bulan 100 ribu,” ujar Komandan Koramil Benowo ini.

Sebelumnya, tambah Danramil, dalam mendata warga yang berhak menerima bantuan ini kami telah berkordinasi dengan pihak kelurahan, RW dan RT melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas di masing masing wilayah. Sehingga pendataan ini diharapkan masyarakat ini merupakan warga yang belum sama sekali menerima bantuan sosial dari pemerintah, baik itu pemerintah kota pemerintah propinsi maupun yang lainnya.

“Sehingga warga masyarakat yang belum menerima sama sekali saat ini disalurkan oleh TNI dan dari pendataan oleh Babinsa melalui RT/RW ternyata masih ada masyarakat kita yang belum menerima, sehingga yang belum kita data dan kita upload kemudian di kirim ke kementrian yang mana disitu bener bener belum terdata dan belum menerima. Apabila sudah menerima maka di aplikasi tersebut terdapat tanda merah, jika belum menerima ada tanda hijau jadi kita berhak untuk menyalurkan dan itu adalah hak daripada warga masyarakat untuk kepentingan masyarakat,” pungkas perwira TNI dengan satu melati di pundak ini.

Sementara, salah satu penerima bantuan dari Kelurahan Babat Jerawat, mengaku sangat senang dan berterimakasih kepada pemerintah maupun TNI dalam hal ini Koramil Benowo atas bantuan yang dirasa sangat berguna bagi masyarakat.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada bapak TNI yang telah menyalurkan bantuan BTPKLWN ini dan tak lupa kepada bapak Babinsa yang selama ini selalu aktif di tengah tengah masyarakat, terlebih dalam melakukan pembinaan serta pendataan warga warga yang dirasa perlu atau membutuhkan. Bantuan ini nantinya dapat menjadi tambahan modal untuk usaha pada warung saya,” ucap Sri Muyatin.

Pantauan pancarkan.com, masyarakat penerima bantuan dengan tertib antri untuk menunggu panggilan guna verivikasi data, mereka tetap semangat meskipun sedang menjalankan ibadah puasa. Sementara petugas, baik dari anggota Koramil Benowo, LPMK Kel. Babat Jerawat, Mahasiswa UWP dan anggota ormas Banser Pakal saling bekerjasama dalam mengatur jalannya pelaksanaan penyaluran bantuan itu, sehingga dapat berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). (bah)

 

 

Sebanyak 818 Orang Tahun 2022 Terima Bantuan BTPKLWN