Pancarkan.com
Peristiwa

Minggu Sehat, Warga PBI Bajer Gelar Senam Pagi Bersama

Senam bersama warga PBI RW10 Kel. Babat Jerawat (Bajer) Kec. Pakal Surabaya

Surabaya,Pancarkan.com – Didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Hal tersebut telah tergambarkan diwilayah RW 10 Perumahan Pondok Benowo Indah (PBI) Kel. Babat Jerawat Kecamatan Pakal Surabaya, melalui kegiatan rutin olahraga dan senam bersama yang dilaksanakan pada minggu pagi.

Minggu sehat merupakan program kegiatan rutin yang dilakukan warga RW 10 PBI yang mana setelah sepekan melakukan aktifitas, baik bekerja, ibu rumah tangga, serta pekerjaan rumah lainnya. Oleh karena itu, warga menyempatkan diri melaksanakan rutinitas senam pagi bersama yang bertempat di lapangan olahraga RW 10, menurutnya dengan senam pagi bersama selain untuk menjaga kesehatan tubuh juga dapat meningkatkan silaturahmi antar warga.

“Dengan senam yang teratur, badan menjadi segar. Segala keletihan setelah beraktifitas selama  satu minggu menjadi hilang. Terlebih lagi, daya tahan tubuh kita dapat meningkat, disamping itu kegiatan olahraga ini juga dapat meningkatkan rasa kebersamaan serta sebagai ajang silaturahmi di antara warga se RW 10 ini dan merupakan satu kegiatan yang murah,” terang warga.

Senam diikuti oleh jajaran pengurus  serta seluruh warga RW 10 dengan dipandu oleh instruktur senam Endang warga perumahan Veteran Surabaya, dari berbagai usia pun ada di lapangan tersebut, baik warga lansia, ibu ibu PKK, bapak bapak dan para remaja. Antusias dan semangat warga dalam mengikuti gerakan gerakan yang di lakukan oleh pelatih senam tersebut nampak terlihat, tak terkecuali para lansia pun sepertinya tak mau kalah dengan yang masih muda sehingga kegiatan senam bersama itu terlihat sebagai sarana wisata sehat.

Ketua RW 10 PBI Iriandi Lilo S.Sos, mengatakan, bahwa pihaknya sangat berterimakasih kepada seluruh warga yang mau menciptakan kondisi lingkungan sehat di wilayah RW 10, dengan melakukan senam bersama di setiap minggu pagi.

“Saya sangat bangga dengan semua warga yang kompak dalam melaksanakan kegiatan senam bersama ini guna menjaga kesehatan tubuh. Semoga dengan senam bersama yang rutin dilakukan pada minggu pagi ini bisa membuat seluruh warga RW 10 terhindar dari berbagai macam penyakit, khususnya situasi pandemi yang hingga saat ini belum berakhir,’ ujarnya, Minggu (16/1/2022) pagi.

Laki laki asal NTT ini juga terus mengimbau, kepada warga RW 10 PBI untuk ikut dalam kegiatan senam sehat tersebut agar kesehatan tubuh tetap terjaga, selain itu  diminta untuk tetap menjalankan prokes (protokol kesehatan), terutama jika bepergian untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

“Mengingat pandemi belum berakhir, selain menjaga kesehatan dengan berolahraga kita juga harus tetap menjalankan protokol kesehatan jika keluar rumah. Karena saat ini muncul virus covid 19 varian baru yaitu Omicron, jadi diharapkan masyarakat khususnya warga RW 10 jangan lengah dan harus tetap waspada,” tegas Brur, sapaan akrab Ketua RW 10 Pondok Benowo Indah (PBI).

Sementara, Ketua PKK RW 10 PBI Ekowati Amd kep, menambahkan, jika dirinya berupaya meminta warga untuk tetap menjaga kesehatan, telebih di musim penghujan saat ini yang berpotensi terserang penyakait. Melalui kader kesehatan diwilayahnya, ia meminta untuk menyampaikan kepada seluruh warga agar menjaga kebersihan di lingkungannya masing masing, dimana pada musim hujan juga dapat menimbulkan adanya genangan air yang tak disadari dan menyebabkan adanya sarang nyamuk.

“Saat ini kita juga harus mengantisipasi serangan DBD, yang menurut keterangan kepala puskesmas pada giat cangkrukan kemaren bahwa di wilayah Pakal sudah beberapa terjadi. Oleh sebab itu, kita di RW 10 ini harus waspada dengan selalu mengecek lingkungan kita masing masing jangan sampai ada sarang nyamuk, terutama terhadap genangan air akibat dari hujan,” tuturnya.

Dengan selalu memperhatikan kebersihan pada diri kita serta lingkungan masing masing, kata Ekowati, insya allah kita turut menyelamatkan keluarga maupun orang lain. Mengingat demam berdarah juga merupakan satu wabah yang sangat berbahaya, sehingga kita bersama wajib untuk mewaspadainya.

Perlu diketahui senam rutin tersebut dilaksanakan setiap minggu pagi dilapangan olahraga RW 10 dan berlangsung kurang lebih selama satu jam mulai pukul 06.00 hingga  07.00 Wib. Sehingga warga yang ingin mengikuti kegiatan senam bersama itu sudah berkumpul lima belas menit sebelumnya. (bah)

Related posts

Kapolres Bondowoso Pimpin Apel Terpadu Siap Siaga Kebencanaan

Danrem 084/Bhaskara Jaya Hadiri Rakornis TMMD ke 115 TA. 2022

Semarakan HUT ke 78 RI, PBI Dibanjiri Nuansa Merah Putih

redaksipancarkan