Pancarkan.com
Peristiwa

Pengurus Masjid At-Tauhid Silaturrahmi dan Dzikir Qolbu

Surabaya, Pancarkan.com-Jamaah Masjid At-Tauhid Perum Pondok Benowo Indah (PBI), Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Surabaya, rutin mengadakan kegiatan Yasin, Tahlil dan Sholawat setiap dua minggu sekali dengan tempat berpindah pindah, yaitu dari rumah ke rumah.

Namun, kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan di masjid  karena situasi dan kondisi beberapa hari ini turun hujan, maka sepakat untuk diadakan di masjid supaya Jamaah yang hadir bisa banyak, Kamis (25/11/2021) malam.

Acara tersebut adalah sarana silaturrahmi antara Jamaah, pengurus, dan warga masyarakat Pondok Benowo Indah (PBI). Sehingga silaturrahmi ini merupakan wujud implementasi kegiatan Yasin-Tahlil sebagai peningkatan Iman dan Taqwa.

“Semoga yang hadir ini semua masih diberi kesehatan, dan anak-anak kita dijadikan anak-anak yang sholeh-sholehah,” ungkap Ketua Yasinta Ustad Choirul Jamil.

Lebih lanjut, Choirul Jamil, menambahkan, dengan puji syukur kita tujukan kehadirat Allah SWT di majelis ini kita masih diberi kesempatan bisa hadir, sholawat salam juga kita tujukan kepada Nabi Muhammad SAW supaya dihari kelak kita mendapatkan syafaat dari Rosululloh SAW.

Selain Yasin dan Tahlil, dalam kegiatan tersebut juga diisi dengan pembacaan tawasul, sholawat nabi, dan ditutup dengan doa.

Sementara, Ketua Takmir Ustad Ali Mustofa, mengatakan, masjid At-Tauhid ini masih dalam proses renovasi pembangunan, dan masih banyak membutuhkan dana untuk kelangsungan renovasi pembangunan masjid ini supaya cepat terselesaikan.

“Disamping kita mengadakan renovasi pembangunan secara fisik dan agar masjid ada ruhnya, maka takmir mengadakan kegiatan kajian ilmu tajwid. Terutama bagi lmam-imam rowatib, dan juga yang lain boleh mengikuti, karena ilmu tajwid itu sangat penting,” jelasnya.

Menurut Ali Mustofa, ilmu tajwid yaitu suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan huruf-huruf yang terdapat dalam kitab suci Al-Qur’an.

Acara tersebut dibuka dan diawali dengan pembacaan tawasul, yang dibacakan oleh Ustad Muhammad Tahir, selanjutnya pembacaan Yasin di pimpin Ustad Muchlisin dan Tahlil oleh ustad Sunarko.

Untuk pembacaan sholawat nabi di pandu oleh Ustad Rokhim, dan ditutup dengan doa yang disampaikan oleh Ustad H. Gufron, kemudian dilanjutkan ramah tamah serta laporan keuangan kas.

Di akhir kegiatan, Ustad Ali Mustofa, menambahkan, bahwa saat ini pandemi Covid-19 masih belum usai, maka kami mengimbau kepada seluruh Jamaah untuk mengikuti aturan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus covid tersebut.

“Apalagi saat ini Surabaya masih berstatus level 1, untuk itu para jamaah harus tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes),” pungkasnya.

Reporter : Sunar

Editor: Bachtiar

Related posts

Ratusan Kades di Bondowoso Protes dan Demo Pemkab

Miris, Jalan Rusak Ngasinan tak Pernah Diperhatikan Pemkab Gresik

redaksi

Mayat Pria tak Dikenal Ditemukan di Kubangan Lapangan Pacuan Kuda

redaksi