Group Samroh Hidayatul Fitroh PBI Doa dan Dzikir di Makam Wali

138 views

Makam Sunan Ampel Surabaya

Surabaya, Pancarkan.com-Ziarah ke Makam Wali sudah menjadi tradisi jamaah pengajian serta group Samroh RW 10 Perumahan Pondok Benowo Indah (PBI), Kelurahan Babat Jerawat, Kec. Pakal Surabaya.

Seperti saat ini, kelompok Samroh (Terbang) yang juga termasuk juga jamaah pengajian di RW 10 PBI melaksanakan ziarah Wali. Namun kali ini rombongan hanya berziarah ke makam lima wali, diantaranya, Sunan Ampel, Syeh Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri, Syeh Maulana Ishak, Sunan Drajat dan Asmoro Kondi, Minggu (21/11/2021).

Kegiatan ziarah tersebut di pimpin Hj. Laily, dengan khusyuk membaca Surah Yasin dan dzikir diikuti para jamaah di setiap makan Sunan yang di kunjungi, rombongan sebanyak 14 orang tersebut semuanya merupakan warga RW 10 PBI yang tergabung dalam group Samroh Hidayatul Fitroh.

“Ziarah ke makam Walisongo sebenarnya sudah menjadi tradisi kami sejak dulu. Hanya dalam dua tahun lebih baru kali ini kita bisa berziarah lagi, mengingat kemaren makam para wali sempat di tutup saat merebaknya wabah virus corona guna menghindari adanya kerumunan,” ungkap Hj. Laily.

Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim Gresik

Alhamdulillah, ucap Laily, saat ini kita sudah bisa melakukan ziarah lagi bersama anggota group Samroh (Terbang), yang sudah lama di rencanakan dan baru kali ini bisa terlaksana. Oleh sebab itu, dalam ziarah kali ini kita mulai mengunjungi makam wali, dan secara bertahap kedepan bisa ke sembilan wali sampai ke Cirebon Sunan Gunung Jati.

“Untuk biaya kali ini kita memakai uang tabungan hasil samroh, jadi setiap kita di undang di suatu acara pengajian di kasih uang kas yang kemudian di kumpulkan. Anggaran ini sudah terkumpul sejak sebelum pandemi, namun ketika ada rencana mau berangkat ziarah ternyata muncul virus covid 19 yang akhirnya kita tunda hingga saat ini baru bisa terlaksana,” jelas wanita kelahiran kota Santri Gresik ini.

Hj. Laily, menambahkan, kita mulai dari Sunan Ampel di Surabaya dilanjutkan ke Gresik, yaitu makam Syekh Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri. Kemudian bergerak menuju ke Syeh Maulana Ishak dan Sunan Drajat di Lamongan dan terakhir ke Asmoro Kondi di Tuban.

“Para Wali Allah yang kita kunjungi tersebut masih berada di wilayah Jawa Timur, jika diteruskan ke wali songo maka sampai ke Sunan Muria, Sunan Kalijaga dan Sunan Kudus yang ke tiganya berada di Jawa Tengah. Terakhir ke Sunan Gunung Jati di Cirebon, Jawa Barat, itu nanti kita jadwalkan selanjutnya,” papar Ketua group Samroh Hidayatul Fitroh ini.

Makam Sunan Prapen Gresik

Sementara, para jamaah group Samroh Hidayatul Fitroh mengaku senang dengan di bukanya kembali lokasi makam para wali tersebut, sehingga jamaah bisa menggelar acara doa dan dzikir bersama di makam Wali Allah tersebut secara bersama sama.

“Semoga virus corona ini segera hilang, agar kita bisa bersilaturahmi bersama seperti ini dengan mengunjungi makam para wali yang telah berjasa kepada agama kita,” ujar rombongan Samroh Hidayatul Fitroh RW 10 PBI.

Jamaah pengajian Nidaul Fitri serta group Samroh Hidayatul Fitroh PBI tersebut dalam melaksanakan ziarahnya ke makam para wali tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Reporter: Bachtiar

Doa dan Dzikir di Makam Wali Group Samroh Hidayatul Fitroh PBI