Pancarkan.com
Olahraga

Semangat Pahlawan, Emak Emak RW 10 Senam Usir Corona

Foto bersama usai melaksanakan senam

Surabaya, Pancarkan.com– Masih dalam nuansa hari Pahlawan 10 Nopember, sekelompok emak-emak RW 10 Perum Pondok Benowo Indah (PBI) Kel. Babat Jerawat Kec. Pakal Surabaya, melakukan kegiatan rutin senam pagi bersama di hari Minggu yang dilaksanakan di lapangan olahraga RW 10.

Kali ini para peserta senam banyak yang mengenakan baju ala pejuang, hal tersebut bertujuan dalam rangka mengenang jasa para pahlawan yang berjuang dalam memperebutkan kemerdekaan.

Walaupun memakai baju ala pejuang, mereka masih terlihat lincah, seiring dengan musik senam yang dilantunkan dan di pandu oleh instruktur senam Istiyorini. Selain emak emak, juga terlihat bapak bapaknya dengan semangat hari pahlawan mengikuti setiap gerakan yang di contohkan oleh pelatih senam.

Menurut Istiyorini pelatih senam yang juga merupakan warga setempat, mengenakan baju ala pejuang tersebut tanpa adanya komando atau imbauan. Namun, hal tersebut di sadari sendiri oleh warga mengingat masih dalam nuansa hari pahlawan.

“Kami tidak mengkordiner untuk memakai baju ala pejuang, jadi anggota senam sendiri yang tau tau datang memakai baju tersebut. Sehingga senam rutin yang dilaksanakan kali ini cukup menarik,” ujar mantan ibu Ketua RW 10 itu, Minggu (14/11/2021) pagi.

Selama kurang lebih satu jam, puluhan ‘emak-emak‘ dan bapak bapak dari berbagai usia ambil bagian dalam senam bersama tersebut dengan tema ‘Senam Usir Covid 19’.

Sementara Sri Muyatin (44), anggota senam bersama yang digelar di RW 10 PBI tersebut, mengaku, bahwa pihaknya ingin ada yang berbeda dalam suasana hari Pahlawan tahun 2021 kali ini.

“Dalam olahraga rutin kali ini, kami ingin kita semua mengikuti senam bersama dengan meniru semangat para Pahlawan yang telah gugur dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia,” kata wanita yang kesehariannya berjualan makanan ini.

Giwati peserta senam yang lain, menambahkan, apalagi kali ini tema yang diusung dalam perigatan hari Pahlawan saat ini adalah ‘ Pahlawanku Inspirasiku’. Oleh karenya kita harus terinspirasi dengan semangat perjuangan mereka, namun bukan dalam hal merebut dengan berperang, akan tetapi perjuangan kita saat ini bagaimana melawan penyebaran virus corona.

“Perjuangan kita adalah bagaimana mengantisipasi penyebaran virus covid 19, yaitu dengan cara mematuhi protokol kesehatan (prokes), memakai masker saat keluar rumah atau bepergian, dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas,” tutur wanita yang masuk kategori lansia tersebut.

Di tempat terpisah, Ketua RW 10 Andi Lilo S.Sos, mengatakan, jika warganya bersemangat melakukan kegiatan rutin senam bersama tersebut, meskipun kondisi lapangan basah habis di guyur hujan.

“Alhamdulillah warga RW 10 tetap bersemangat melaksanakan kegiatan olahraga bersama, semoga semuanya tetap diberikan kesehatan di situasi pandemi saat ini,” ucap Brur, sapaan akrab laki laki asal NTT ini.

Reporter: Sunar

Editor: Bachtiar

Related posts

Tim Penembak Koarmada II Tampil Gemilang di Kapolda Cup 2019

Tingkatkan Imun Tubuh, Warga PBI Senam Bersama

Siap Jadi Pioner, ASBWI Gelar Festival Sepakbola Putri