Pancarkan.com
Peristiwa

Mahir Menembak Harus Dimiliki Prajurit Kodim 0830/SU

Surabaya, Pancarkan.com– Keterampilan dan kemahiran menembak adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Prajurit. Dalam rangka untuk meningkatkan keterampilan latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) bagi Prajurit, Kodim 0830/Surabaya Utara melaksanakan latihan menembak Pistol P1 dan Senapan SS1 V1, yang digelar di Lapangan Tembak Yonif 500/Raider Jl. Gajah Mada 1 Surabaya, Kamis (11/11/2021).

Latihan menembak tersebut diikuti oleh 60 orang personel yang terdiri dari tingkat Perwira, Bintara, dan Tamtama, dilengkapi dengan pistol jenis P1 dan senjata api laras panjang model SS1 V1 sesuai dengan indek jabatan perorangan.

Latihan menembak yang diselenggarakan, di bawah koordinator Seksi Operasi  Kodim 0830/Surabaya Utara, kegiatan kali ini dipimpin oleh Komandan Latihan Mayor Inf Slamet Prayitno. Latihan menembak tersebut merupakan bagian dari Program Kerja Bidang Latihan dan Pembinaan Satuan Prajurit TNI AD Triwulan IV TA. 2021

Meningkatkan kemampuan menembak senjata laras panjang dan pistol untuk tingkat perorangan sesuai TOP/DSPP yang berlaku adalah tujuan dari latihan menembak senjata ringan. Dalam latihan menembak ini anggota diharuskan dapat memahami tehnik dan taktik menembak, serta karakteristik senjata yang digunakan (Pistol P1 dan Senapan SS1 V1) dan dasar menembak.

Kegiatan Latihan Menembak juga di hadiri Kasdim 0830/Surabaha Utara Letkol Arh Drs. Adnan, dalam arahannya mengawali latihan menembak menyampaikan, bahwa dalam latihan menembak laksanakan dengan semangat, utamakan faktor keamanan dan Nabitepi (nafas bidik tekan picu) untuk mendapatkan hasil tembakan yang maksimal.

“Serta diharapkan pada latihan menembak ini dapat dilaksanakan dengan tertib, aman dan lancar, dengan mengikuti prosedur yang berlaku serta ketentuan dalam latihan standar menembak. Tetap lalukan disiplin protokol kesehatan (prokes) dalam kegiatan ini,” tuturnya.

Masih Kasdim, menembak merupakan suatu bentuk kemampuan dasar yang harus mutlak dimiliki oleh seorang prajurit TNI AD, khususnya Prajurit Kodim 0830/Surabaya Utara. Sehingga harus selalu dipelihara dan ditingkatkan terus menerus secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, hal itu bertujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan menembak perorangan.

“Dan jika terjadi kendala atau kecelakaan selama latihan, agar segera melaporkan pada Mahir Menembak. Mutlak harus dimiliki oleh Prajurit Kodim 0830/Surabaya Utara,” tegas Letkol Arh Drs. Adnan, selaku Wasev latihan. (pen)

Editor: Bachtiar

Related posts

Panitia Pembangunan: Terimakasih Kepada Warga Atas Jariyah Untuk Renovasi Masjid At Tauhid

Polres Kepulauan Selayar Salurkan Zakat Maal Rp 105 Juta

Jembatan Balut Nyaris Putus, Plt Kadis PUPR Bondowoso Minta Warga Bersabar

redaksi