Kenang Sejarah, PAC IPNU dan IPPNU Pakal Peringati HSN

339 views

Peringatan Hari Santri Nasional dan Maulid Nabi di Kantor MWC NU Pakal Surabaya

Surabaya, Pancarkan.com-Memperingati Hari Santri Nasional (HSN), PAC IPNU, IPPNU Pakal Surabaya mengadakan Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang jatuh pada hari Rabu (27/10/2021) dan dirayakan dengan penuh hikmat bersama anngota serta para tamu undangan.

Acara bertempat di Kantor MWC NU Pakal Jl. Jawar Bung Tomo Kel. Benowo Kec. Pakal Surabaya, dihadiri Ketua MWC NU Pakal, Muslimat NU Pakal, Fatayat NU Pakal, GP Anshor Pakal, serta rekan dan rekanita IPNU IPPNU Kec. Pakal.

“Peringatan Hari Santri mengajarkan akan sejarah perjuangan para  santri memperebutkan sekaligus mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang di upayakan para ulama Indonesia,” kata Alvin ketua IPNU.

Alvin, menerangkan, bahwa 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah pada tanggal 10 November, yaitu seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH. Hasjim Asy’ari 22 Oktober 1945. Seruan itu berisikan perintah kepada umat Islam/santri yang jaraknya 40 km hukumnya fardhu a’in untuk berperang (jihad), melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.

“Sekutu tersebut maksudnya adalah Inggris, yang ternyata di belakang tentara Inggris rupanya ada pasukan Belanda turut serta ikut membonceng. Yang mana tak disangka sebelumya bahwa kaum santri dengan mengatasnamakan arek arek Suroboyo mampu dan berhasil mengalahkan para sekutu tersebut,” terangnya.

Acara peringatan HSN kali ini diisi dengan pembacaan kitab suci, sholawat nabi, sambutan dari beberapa tokoh, dan doa bersama di pimpin Ketua Tanfidziah Drs. H. Abdul Aziz, M.Pd. Kemudian secara simbolis PAC IPNU IPPNU Kecamatan Pakal memberikan sertifikat yang diwakili oleh peserta Makesta.

“Acaranya diawali pra acara sholawat, dilanjutkan dengan acara inti yang meliputi pembacaan kitab suci, sholawat nabi, sambutan. Setelah itu mauidhoh dan do’a yang disampaikan oleh ketua Tanfidziah Drs. H. Abdul Aziz, M.Pd,” tambah Izzah Ketua IPPNU.

Namun, lanjut Izzah, sebelum ditutup do’a ada pembagian sertifikat secara simbolis yang diwakili oleh peserta makesta terbaik, setelah doa dilanjutkan dengan pemutaran film hari santri sampai pukul 21.30 Wib.

Sementara, Wakil Ketua IPPNU, mengatakan, kami sebagai pengurus PAC IPNU IPPNU Pakal Surabaya, akan terus memberikan wadah kepada teman teman untuk menumbuhkan kecintaan santri dan penerus bangsa tanah air.

“Memperingati hari santri dan maulid nabi muhammad ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan santri atau rekan dan rekanita kepada baginda nabi muhammad dengan cara bersholawat. Serta mencotohkan sifat seperti santri mengabdi, ‘andap‘ anshor (rendah hati),” pungkas Nikmah.

Reporter: Dilla

Editor: Bachtiar

Kenang Sejarah PAC dan IPPNU Pakal Peringati HSN