Pancarkan.com
Pendidikan

Cegah Kluster Saat PTM, Polres Bangkalan Gandeng Muspika Swab Acak

Anggota Polres Bangkalan bersama Muspika Swab acak di sekolah

Bangkalan,Pancarkan.com-Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang telah berjalan dalam beberapa minggu terakhir rupanya menjadi perhatian serius pihak kepolisian, terutama di wilayah Kabupaten Bangkalan. Polres Bangkalan hingga kini terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat di tengah mendukung program pemerintah mencegah penyebaran virus corona, salah satunya dengan menggelar swab acak di sekolah, Jumat (1/10/2021).

Nampak dua anggota Bhabinkamtibmas Polres Bangkalan, Briptu Navynda Sherly Fatikasari SM dan Bripda Herlambang Wahyu Anafis Satriatama, bersama Kasatbinmas Iptu Suyitno SH, MH, serta Muspika Kecamatan Kota Bangkalan menggelar swab acak di sejumlah sekolah mulai dari SD hingga tingkat SMA.

Kegiatan swab tersebut bertujuan untuk mencegah kluster baru, seperti yang terjadi di salah satu daerah di Indonesia beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, turunnya personil Bhabinkamtibmas tersebut untuk memberikan imbauan pada para siswa, bahwa pentingnya mematuhi prokes menjadi nomer satu dalam proses pembelajaran di sekolah.

Tak hanya itu, untuk siswa SMP dan SMA yang belum divaksin, Briptu Navy dan Bripda Anafis juga mengimbau agar segera divaksin guna mencapai herd immunity (kekebalan tubuh) secara individual.

Sementara, ditempat terpisah orang nomor satu di Korps Polri wilayah Bangkalan AKBP Alith Alarino, S.I.K, menuturkan, jika swab acak ini digelar untuk mencegah penyebaran cluster baru di dunia sekolah. Karena menurutnya siswa di sekolah, apalagi anak anak SD masih rentan dalam hal kekebalan tubuh.

“Swab acak yang kami laksanakan hari ini di sejumlah sekolah mulai dari siswa SD hingga SMA untuk mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan dunia pendidikan,” ujar Kapolres.

Kami melakukan ini, lanjut Kapolres, bersama dengan Muspika Kecamatan Kota Bangkalan, dan kedepan akan kami lakukan juga untuk sekolah sekolah yang ada di 17 kecamatan lainnya di kabupaten Bangkalan. Jika ada siswa yang swab nya reaktif akan langsung kami hentikan PTM sementara, dan lakukan tracing agar tak semakin menyebar. Tetapi, harapan kami semoga tidak ada siswa sekolah yang terkena covid.

“Mereka memiliki semangat tinggi karena akhirnya kembali ke sekolah setelah satu tahun lebih terkurung di rumah dan melaksanakan aktivitas daring. Oleh karena itu, kami harus tetap menjaga kondisi ini baik dengan terus melakukan swab acak di sekolah agar mereka tetap nyaman dalam belajar, demi meraih cita-cita mereka,” harap perwira berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi ini. (*)

 

Editor: Bachtiar

Related posts

Tim Penilai Lomba Lingkungan Sekolah Sehat Jatim Kunjungi Sidoarjo

redaksi

Kisah Anak Kopral Dilantik Jadi Perwira oleh Presiden Jokowi

PSGC Unitomo Lestarikan Lagu Daerah Lewat CCF

redaksi