Pancarkan.com
Peristiwa

Cegah DBD Warga PBI Lakukan Fogging Dua Minggu Sekali

Ketua RT 3 bersama Ketua Karang Taruna melakukan pengasapan (Fogging)

Surabaya, Pancarkan.com – Di situasi pandemi Covid 19, warga RT 3 RW 12 Pondok Benowo Indah (PBI) Kelurahan Babat Jerawat, Kec. Pakal Surabaya, selain mencegah penyebaran virus corona juga melakukan pengasapan (fogging). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Ketua RT 3 RW 12, Mei Eko bersama Ketua Karang Taruna Gatot dibantu beberapa warga melakukan giat pengasapan (fogging) di lingkungan rumah-rumah warga. Sementara alat fogging tersebut dirancang sendiri oleh warga.

“Kami bersama warga, selain aktif dalam pencegahan virus Covid 19 juga aktif dalam mencegah serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), untuk penyemprotan pencegahan virus covid 19 kita gunakan cairan desinfektan dan pencegahan serangan DBD ini kita melakukan pengasapan menggunakan alat (fogging),” ujar Mei, Minggu (19/9/2021).

Warga merakit alat fogging sendiri.

Dalam pelaksanaan kegiatan fogging ini, lanjut Ketua RT 3 RW 12 PBI, kita melakukannya bersama warga dan rencananya akan dilakukakan secara berkala, yaitu setiap 2 minggu sekali sebagai upaya antisipasi wabah demam berdarah di musim penghujan.

“Selain melakukan pencegahan serangan DBD menggunakan mesin fogging, kita juga menggerakkan warga untuk bersih-bersih lingkungan sekitar, diantaranya, membersihkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Sementara warga di RT 3 ini sangat mendukung pada kegiatan tersebut agar terhindar dari berbagai macam penyakit,” tegasnya.

Pihaknya berharap melalui ketua karang taruna RT 3 untuk dapat menggerakkan adik-adik karang taruna turut serta membantu kegiatan tersebut, mengingat sebentar lagi sudah memasuki musim penghujan. Supaya kampung bisa menjadi bersih dan terhindar dari segala macam penyakit, terutama serangan nyamuk demam berdarah.(*)

Penulis: Arie Budiono

Editor: Bachtiar

 

 

 

Related posts

Babinsa Dlanggu Turun Langsung Merawat Padi

redaksi

Pengurusan SIM di Polres Gresik Sangat Mudah, Ikuti Ketentuan dan Hindari Calo

redaksipancarkan

Vaksinasi Warga yang ‘Tercecer’ di Wilayah Kelurahan Babat Jerawat Pakal