Pancarkan.com
Peristiwa

Tim Pusterad Nilai Kodim 0830/Surabaya Utara

Surabaya,Pancarkan.com-Proses penilaian lomba pembinaan teritorial (Binter) yang digelar oleh Pusat Teritorial TNI AD (Pusterad) mulai menilai salah satu peserta, yakni Kodim 0830/Surabaya Utara . Penilaian di Kodim yang mewakili Kodam V/Brawijaya untuk Kodim tipe A atau Kota Metropolis itu dipimpin oleh Ketua Tim Penilai Lomba Binter Pusterad TA. 2021, Kolonel Inf Yoyo Subrolarang di Makodim 0830/Surabaya Utara, Rabu (25/8/2021).

“Penilaian Lomba Binter ini dilakukan dengan beberapa tahap. Mulai dari pemaparan yang dilakukan oleh Komadan Kodim, pengecekan hasil Binter yang dilakukan oleh jajaran Koramil, hingga proses pengecekan evaluasi administrasi,” kata Kolonel Inf Yoyo S.

Pihaknya juga menilai hasil Binter yang dilakukan Kodim 0830/SU sudah cukup bagus, kalau penilaian akhir belum bisa disampaikan karena masih ada tahap pemeriksaan administrasinya.” Tapi saya pikir di sini sudah cukup bagus proses pembinaannya dari aspek pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

“Penilaian dalam Lomba Binter secara nasional ini cukup ketat. Ada cek list kriteria penilaian yang harus kami pastikan. Hasil penilaian nanti  yang  akan dilombakan dengan Kodim lain dari perwakilan Kodam lain sesuai tipe kodim,” tambahnya.

Masih Kolonel Yoyo, sebagai contoh untuk Kodim tipe A untuk Kodim di ibukota provinsi, seperti Kodim 0830/SU ini mewakili Kodam V/Brawijaya. Selain itu ada pula penilaian untuk tipe B untuk kodim di kabupaten atau kota dan Kodim type C di Daerah kepulauan terpencil dan perbatasan.

Menurutnya, tujuan adanya penilaian Lomba Binter oleh Pusterad ini untuk mengetahui perkembangan hasil Binter yang dilakukan oleh Kodim. “Apa yang sudah dilakukan sebelumnya akan dicek apakah ada peningkatan. Yang bagus apakah tetap dilanjutkan dan semakin baik atau ada inovasi baru dalam upaya memanungalkan TNI dengan Rakyat,” ujarnya.

Komandan Kodim 0830/SU, Kolonel Inf Sriyono, menyambut baik proses penilaian yang dilakukan Pusterad. Pihaknya mengaku bangga karena dapat mewakili Kodam V/Brawijaya untuk Lomba Binter kategori tipe A atau Kota Metropolis. Terkait hasil Binter yang juga dipamerkan saat penilaian, ia mengaku tak memberikan arahan khusus pada jajaran Koramil di bawahnya.

“Apa yang dipamerkan ini memang hasil pembinaan teritorial dari Koramil melalui Babinsa. Jadi saya tidak memberikan perintah dan hasilnya saya pikir cukup bagus,” ungkapnya.

Dalam proses penilaian itu, Tim Penilai Lomba Binter mengecek langsung hasil binaan dari Koramil di Kodim 0830/SU. Mulai dari hasil makanan olahan berbahan dasar ikan laut menjadi kerupuk , minuman olahan dan lain-lain. (bah)

Related posts

Kunker Presiden Jokowi di TPA Supit Urang dan Dua Lokasi Lainnya

Penyekatan Wilayah Jatim Mulai Diberlakukan

Yustisi Pakal Berikan Sangsi Sosial Pelanggar Prokes