Pancarkan.com
Peristiwa

Selokan Mampet Warga PBI Bersama Pemkot Bersihkan Sampah

SURABAYA, Pancarkan.com-Kebersihan lingkungan menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota Surabaya guna mewujudkan kota yang bersih, sehat, dan indah. Berbagai upaya dilakukan demi terwujudnya hal tersebut, salah satunya melalui kerja bakti massal yang digelar warga Perum Pondok Benowo Indah (PBI) RT 4 RW 10 Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal Surabaya, Minggu (22/8/2021) pagi.

Kegiatan kerja bakti masal tersebut diikuti oleh segenap elemen masyarakat baik jajaran Pemerintah Kota Surabaya, TNI/POLRI, Dinas PU, Kelurahan dan Kecamatan, Ormas Banser Ranting Pakal dan seluruh warga RT 4 RW 10 PBI. Seluruh elemen masyarakat kompak membersihkan selokan dan gorong gorong dengan memasukkan tanah ke dalam karung yang nantinya akan diangkut untuk di buang . Karya bakti ini diharapkan dapat memicu semangat gotong-royong antar seluruh elemen masyarakat untuk terus peduli menjaga kebersihan lingkungan.

“Kegiatan ini merupakan tugas dari kantor Dinas PU mas, pengajuan RT-RW ke Kelurahan dilanjutkan kecamatan ke Dinas PU hingga dlaksanakan pada hari ini, dengan jumlah anggota 10 orang,” ungkap Pardi, Kordinator Dinas PU Kec. Pakal.

Membersihkan selokan sebagai upaya pengurangan resiko banjir, terlebih saat ini akan memasuki musim penghujan. Upaya kebersihan ini terus di maksimalkan sebagai upaya pengurangan resiko bencana banjir, jika tidak dibersihkan akan banyak saluran yang mampet karena sampah yang dibuang tidak pada tempatnya.

Sementara di tempat terpisah, Camat Pakal Tranggono Wahyu Wibowo SSTP, M.Si, mengungkapkan, bahwa antusias seluruh masyarakat untuk melaksanakan kerja bakti sangat luar biasa, terutama warga RT 4 RW 10 PBI. Pihaknya juga telah menginstruksikan kepada para ketua RT atau RW yang berada di wilayahnya untuk terus mensosialisasikan larangan membuang sampah sembarangan terutama yang dibuang di sungai, selokan atau tidak pada tempatnya.

“Kesadaran warga menjaga kebersihan lingkungan terkait sampah perlu terus ditingkatkan. Kami terus mengingatkan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman, yang mana kebersihan lingkungan ini adalah menjadi tanggungjawab bersama untuk selalu dijaga,” jelas Tranggono.

Sementara, Ketua RW 10 PBI Andi Lilo S.Sos di dampingi Ketua RT 4 Dewi Nafisah S.Pd bersama tokoh masyarakat, mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang dilakukan oleh Muspika Kecamatan Pakal beserta instansi terkait dalam membantu pembersihan lingkungan diwilayah RW 10 PBI.

“Kami sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan jajaran tiga pilar Pakal beserta pihak pihak terkait, dalam pelaksanaan bersih bersih lingkungan, mudah mudahan hal ini bisa menjadikan semangat gotong royong antar elemen masyarakat,” pungkas Andi.

Mudah-mudahan, lanjut Ketua RW 10 PBI, hal ini akan membangkitkan semangat gotong-royong di tengah masyarakat, khususnya tentang kebersihan lingkungan. Sebab, lingkungan yang bersih dapat meciptakan keindahan serta kenyamanan, dan dipastikan resiko penyakit tidak akan muncul.

 

Reporter: Bachtiar

 

Related posts

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto Resmi Digantikan AKBP Mochamad Nur Azis

NGOPI Bareng Kapolres Batu Bersama Forum Lalulintas

redaksi

Mayjen TNI Wisnoe : Ada Oknum TNI Melanggar, Laporkan!

redaksi