Pancarkan.com
Peristiwa

Kapolres Gresik dampingi Menperin dan Gubernur Tinjau Vaksinasi Berbasis Industri

GRESIK, Pancarkan.com – Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, SH, SIK, MM dampingi kunjungan Menteri Perindustrian RI Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, pada serbuan vaksinasi berbasis industri di PT Smelting, Desa Roomo, Kecamatan Manyar Kab. Gresik, Kamis (12/8/2021).

Pada vaksinasi dosis pertama AstraZeneca ini diberikan kepada karyawan PT. Smelting dan masyarakat sekitar perusahaan yang memproduksi katoda tembaga tersebut. Proses vaksinasi dijadwalkan selama tiga hari terhitung Kamis 12 Agustus hingga Sabtu 14 Agustus 2021. Sementara target pada hari pertama adalah 750 suntikan demikian pula pada hari kedua, sedangkan pada hari ketiga menargetkan 1.000 suntikan vaksin.

Menperin RI, mengatakan, pentingnya vaksinasi ini pihaknya ingin industri tetap produktif, tetapi kesehatan masyarakat merupakan prioritas. Solusi mengedepankan kesehatan dan produktivitas perusahaan adalah mengejar vaksinasi.

“Pemerintah pusat telah menetapkan program prioritas bagi industri. Lebih khusus lagi pada industri pada aglomerasi seperti di Gresik paling tidak mencapai 70 persen,” terang Agus Gumiwang.

Menurutnya, Jawa Timur penyumbang industri terbesar manufaktur. Diharapkan kegiatan industri mendekati normal setelah tercapainya target vaksinasi.

“Kedepannya kita bisa melihat Covid-19 sebagai endemi. Kata kuncinya adalah mengejar vaksinasi,” pungkas Menperin.

Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar parawansa, mengucapkan terimakasih kepada Menperin RI berkenan meninjau langsung vaksinasi dan melepas bantuan oksigen dari PT. Linde kepada asosiasi BUMN yang dikoordinir Petrokimia. Untuk diserahkan ke Pemprop Jatim guna didistribusikan ke seluruh layanan medik diseluruh Jawa Timur.

Khofifah menyebut akan segera suport oksigen konsentrator karena sangat dibutuhkan layanan medik seperti di Pacitan, Magetan, Trenggalek, Ngawi Situbondo dan Bondowoso. “Itu adalah titik-titik yang hari ini sangat membutuhkan oksigen konsentrator,” kata Gubernur Khofifah.

Gubernur Jatim juga berharap mendapat suplai vaksinasi lebih banyak, khususnya untuk industri padat karya karena ini adalah hulunya.

Selain Kapolres Gresik, turut mendampingi kunjungan tersebut, Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, SE, Wakil Bupati Hj. Aminatun Habibah, Kadinkes drg Syaifuddin Ghozali, serta Kasdim 0817 / Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi. (bah)

Related posts

Warga Babat Jerawat Heboh, Karyawan BUMN Gantung Diri

redaksi

Tiga Kapolsek Jajaran Polres Gresik Mengalami Rotasi

Tak Hanya Bangun Infrastruktur Desa, TMMD ke 115 Juga Berikan Wasbang