Masyarakat Seram Bagian Timur Diharapkan Tenang, Tunggu Keputusan KPU

311 views

Said Awat, Ketua KNPI SBT

Seram Bagian Timur, Pamcarkan.com – Saat ini, tahapan pemilukada sudah memasuki masa  pleno di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), sehingga masyarakat  harus  sabar untuk menunggu keputusan KPU Kab. SBT.

Saat ini berbagai persoalan di Pilkada ini harus menjadi catatan semua pihak, terutama para relawan dan simpatisan di masing-masing kandidat.

Menurut Said Awat,  Ketua KNPI SBT, berbagai dinamika yang terjadi selama masa kampanye harus menjadi perhatian semua pihak.

“Saya sampaikan beberapa pesan kepada kandidat maupun relawan dan simpatisan. Pertama, penyelenggaraan Pilkada tahun 2020 merupakan ajang adu ide, gagasan dan program, kemudian bukan sebagai ajang perpecahan, terutama di kalangan masyarakat dan saya  berharap segala perbedaan selesai pada 9 Desember 2020 lalu,” ujarnya.

Kedua, seluruh pasangan calon harus siap menang dan siap kalah, karena dalam tiap perhelatan demokrasi tidak mungkin semuanya menang.

“Oleh karena itu saya berpesan kepada siapapun yang menang agar tidak euforia berlebihan dan bagi yang kalah harus berjiwa besar serta tidak boleh anarkis, hingga menyebabkan perpecahan dini.  Saya  tidak ingin Kab. SBT menjadi ajang perpecahan karena Pilkada dan siapapun yang menang harus kita dukung,” ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat khususnya pemuda agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban di Kab. SBT.

“Ketiga saya meminta kepada KPU dan Bawaslu agar menjalankan tugasnya secara profesional, sehingga terwujud pelaksanaan demokrasi yang jujur dan adil di tengah masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, janganlah kita dengar lagi kesalahan-kesalahan kecil seperti sebelumnya, kotak hilang, kotak jatuh dan lain-lain.

“Kita berharap KPU bisa lebih profesional serta Bawaslu lebih proaktif dalam mengawasi jalannya Pilkada.”

Keempat, pihaknya mengajakan semua untuk menjaga suasana kondusif, khususnya di Kota Bula.

Jangan selalu  terprovokasi oleh isu yang belum jelas dan menimbulkan perpecahan pada akhirnya rakyat menjadi korban.

“Kami dari Pengurus KNPI Kabupaten Seram Bagian Timur berharap pada pihak keamanan untuk melakukan deteksi dini terhadap semua potensi yang mengancam suasana kondusif ini, kita menginginkan Pilkada serentak tahun ini berlangsung damai dan lancar,”  ujar Ketua DPD KNPI SBT.(erwin)

KNPI KPU Pilkada Seram Bagian Timur