Atap Rumah Warga Lansia Ambrol, Dandim Bondowoso Turun Lapangan

197 views

Bondowoso, Pancarkan.com – Dandim 0822 Letkol Inf. Jadi, SIP bersama rombongan dengan mengendarai motor trail, meninjau rumah Misna Alias Bu Sum, janda lansia berusia (83), warga RT.01 RW.01 Dusun Krajan Desa Pakem Kecamatan Pakem, yang separuh atap rumahnya ambrol pada Jum’ at (6/12/2019) sekitar pukul 07.00 WIB. Kedatangan Dandim disambut Muspika Kecamatan Pakem, Kepala Desa Pakem, Dansub Ramil Pakem.

Penelusuran Pancarkan.com ke lokasi, terlihat kondisi rumah Mbah Misna selain berukuran kecil, tidak sehat, juga sangat tidak layak huni, bahkan dari batas ruang tamu hingga ke bagian belakang rumah hanya berlantai tanah.

Tidak hanya itu, Mbah Miena juga tidak memiliki peralatan dapur yang layak seperti kompor, sehingga setiap memasak selalu menggunakan tungku yang terbuat dari tanah selama puluhan tahun dan pemandangan ini cukup miris sekali.

Atap rumah berikut genteng yang ambrol, terlihat dari batas ruang tamu hingga bagian ruang belakang, besar kemungkinan akibat bahan yang digunakan berupa bambu, sudah lapuk karena sudah puluhan tahun belum diganti, meski pernah direnovasi beberapa puluh tahun lalu.

Badriah putri ke lima dari Misna menuturkan,   saat kejadian ibunya sedang tidur di ruang tamu dan tiba-tiba bagian atap rumah batas dari ruang tamu hingga ke bagian belakang berikut genteng ambrol. “Beruntung tidak mengenai ibu saya,” ujarnya.

Kurang lebih seratus tahun ibu tinggal di tempat ini dan tidak mau pindah dari tempat ini. “Dulu pernah saya bawa dan tinggal bersama, tapi ibu selalu nangis karena tidak betah dan selalu minta  pulang,” ujarnya.

Dulu pernah lantai rumah ini dapat bantuan rehab rumah dari bapak TNI,  bahkan Kades Pakem juga pernah berikan bantuan 4 lembar Kalsibort untuk digunakan sebagai dinding rumah.

Kades Pakem menjelaskan,  pada tahun 2008 rumah Mbah Misna ini pernah mendapat bantuan program rumah tidak layak huni dari TNI, berdasar usulannya. Bahkan Ibu Bupati Amin Said Husni saat menjabat melalui usulan Ibu PKK dan pemerintahan desa pernah berikan bantuan Kasur, bantal, Sembako, berikut uang kepada Mbah Misna untuk membantu kebutuhan sehari harinya.

Kejadian ambrolnya atap rumah Mbah Misna, menjadi perhatian khusus Dandim 0822 Bondowoso Letkol Inf. Jadi, SIP, bahkan akan membantu memperbaiki rumah Mbah Misna agar bisa ditempati kembali dengan kondisi yang jauh lebih layak untuk dihuni.*

Reporter : Cipto