Pancarkan.com
Peristiwa

Wakil Bupati Sinjai Hadiri Pesta Adat Ma’rimpa Salo

Sinjai, Pancarkan.com  – Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, SP. M.SP, menghadiri Pesta Adat Ma’rimpa Salo bertempati di Takkalala, Desa Sanjai Kec. Sinjai Timur, Kamis (10/10/2019).

Kepala Disparbud Sinjai Haerani Dahlan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan adalah dalam rangka (1) Melestarikan tradisi budaya dan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Sinjai. (2) Untuk mengangkat dan memperkenalkan Potensi Budaya sebagai salah satu potensi wisata bagi seluruh masyarakat. (3) Meningkatkan solidaritas dan menggali kembali partisipasi dan gotong royong masyarakat yang mungkin saja sudah mulai berkurang akibat dengan globalisasi. (4) Mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisata khususnya wisatawan yang mencintai budaya lokal di Kabupaten Sinjai.

Kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah puncak acara. Sebelumnya sudah melakukan kegiatan festival layang-layang yaitu pada tanggal 5 Oktober di Pantai Hubat, kemudian ada Festival Balap Perahu, Festival Kuliner laut yang pada hari ini. Kemudian itu kemarin malam ada kegiatan yaitu Festival Tari Kreasi Pesisir, Mengarang Dalam Tulisan Lontara bagi anak-anak sekolah.

Selain itu anggaran pelaksanaan kegiatan pada tahun 2019 yaitu merupakan anggaran pada Dinas Pariwisata dan kebudayaan kemudian anggaran dari Alokasi Dana Desa khusus untuk Desa Sanjai dan yang paling utama adalah tentu saja adalah partisipasi dan gotong royong dari seluruh warga masyarakat desa Sanjai.

Sambutan Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, SP. M.SP, mengatakan Pesta Adat Ma’rimpa Salo, merupakan event budaya yang terselenggara setiap tahunnya, dan telah menjadi Calender Of Event Provinsi Sulawesi Selatan. Event ini sarat dengan makna dan nilai filosofi yang positif dalam rangka Penguatan Budaya Lokal serta Jati Diri Masyarakat.

Pengembangan adat Budaya Daerah tidak hanya sebagai upaya mengembangkan wisata budaya didaerah ini, dijadikan sebagai indentitas jati diri keragaman budaya, dan patut bersyukur dan bangga keragaman budaya yang sejak dahulu kala masih dipertahankan hingga saat ini.

Selain itu Wakil Bupati mengatakan partisipasi aktif dari Masyarakat merupakan kunci dalam penyelenggaraan Pesta Adat Ma’rimpa Salo kali ini.

Dihadiri oleh Anggota Forum Komunikasi Pimpinan daerah Kabupaten Sinjai, Kapolres Sinjai, Ketua Pengadilan Agama  Sinjai, Para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai, Pimpinan BUMN BUMD Kabupaten Sinjai,  Kepala Bagian Setdakab Sinjai, para Camat se Kabupaten Sinjai, para Tokoh Seni dan Budaya, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan serta segenap Masyarakat Desa Sanjai dan Desa Bua yang sempat hadir pada acara ini.(*)

Reporter : Rasyid

Related posts

Danramil 0815/19 Magersari Hadiri Pembukaan MBS & Marching Competition

redaksi

Danramil Bersama Forpimcam Krembangan Distribusikan Bantuan Pemkot Surabaya

Kementerian Kelautan dan Perikanan Diminta Tolak Pembuangan Limbah B3 di Selat Bali

redaksipancarkan