Warga Petung Manfaatkan Lahan dengan Tanam Sayur di Polybag

127 views

Bondowoso, Pancarkan.com – Warga Desa Petung Kecamatan Pakem, memanfaatkan lahan pekarangan kosong dan sempit, untuk ditanami sayuran sawi, terong, Ketimun, dan cabe. Bahkan setiap lahan tanah kosong tiap rumah juga ditanami 5 pohon pepaya jenis California.

Hasil penelusuran Pancarkan.com ke beberapa warga bahwa dengan ditanamnya sayur tersebut, warga tidak lagi mengeluarkan uang untuk membeli sayuran, akan tetapi warga bisa mengambil sayuran dari sayuran yang ditanamnya.

Ketika ditanya tentang hal itu, Kades Petung mengatakan,  kini warganya memamfaatkan lahan di pekarangan rumahnya, baik lahan dibelakang rumah, samping rumah, ataupun di depan rumah dengan cara ditanama di polybag, karena dengan cara polybag justru lebih efektif.

Diakuinya pula bahwa kini ada dua warganya, yaitu Mathari RT.5 Hosno RT.5 sudah dua kali menikmati hasil panen sayuran yang ditanam di pekarangan rumahnya dengan menjual hasil panen kepada warga sekitar Desa Petung.

“Kini mereka konsumsi sayuran tersebut untuk kebutuhan keluarganya,” imbuhnya.

Dipastikan bahwa pemandangan Desa Petung menjadi desa hijau dan sehat, sehingga kesehatan gizi masyarakat akan bertambah, populasi udara bagus, dan  secara ekonomis warga punya penghasilan.*

Reporter : Cipto