Pancarkan.com
Peristiwa

Tanah Keluarkan Api, Warga Kupuk Bungkal Heboh

Ponorogo, Pancarkan.com – Buntut dari kehebohan warga yang dikagetkan dengan retakan tanah yang keluarkan api ini akhirnya petugas dari Mapolsek Bungkal pasang Police Line di lokasi peladangan, dimana titik – titik api keluar dari retakan tanah.

Lokasi api muncul dari retakan tanah yang menggemparkan warga tersebut berada di lokasi persawahan atau peladangan milik  Ny Natun, warga RT 03 RW 01 Dusun Ringinsurup Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Ponorogo.

Api yang muncul diretakan tanah ketahui warga sebenarnya sudah satu bulan lebih namun warga diam. Atau pemilik tanah sendiri entah ketidak tahuannya ia diam. Padahal menurut keterangan warga sebulan lebih saat Natun ambil singkong, ia melihat singkongnya gosong. Tapi dikira karena tanah di situ dalamnya berwarna hitam.

“Api yang keluar dari retakaan tanah di ladang Bu Natun sebenarnya sudah sebulan lebih, namun warga sini dianggapnya itu ada bekas diang atau apa dan bahkan pemilik lahan ini pernah cabut singkong isinya gosong, dikira tanah didalam juga hitam warnanya,” kata Bandi warga setempat.

Kanit Sabhara Polsek Bungkal Aiptu Suyitno ketika dikonfirmasi usai pemasangan police line dilokasi kemunculan api dari dalam retakan tanah. Pihaknya hanya melakukan antisipasi agar warga sekitar tidak masuk ke lokasi, karena dikawatirkan  tanah ambles dan ada api di dalamnya.

“Dari kami pihak kepolisian melakukan pemasangan police line agar warga sekitar tidak masuk ke lokasi api  tanah ini,” terang Suyitno.

Masih menurut anggota Polsek Bungkal ini, pihaknya akan melaporkan kejadian ini ke pihak terkait selain ke atasannya. “Kita akan sampaikan ke pemerintah desa, pemerintah kecamatan  dan BPBD untuk dikirim air agar api yang tertimbun tanah ini bisa cepat padam,” tegas Kanit Sabhara.

Sementara Camat Bungkal, Jemain ketika dimintai keterangan di lokasi, pihaknya juga akan melaporkan ke pihak diatasnya dan BPBD agar segera ditanggulangi.

“Himbaun dari kami agar sampah –  sampah kering dijauhkan dari api. Kita kawatir menjalar ke pemukiman. Dan selanjutnya kami akan minta bantuan ke BPBD untuk segera mengirim air ke lokasi agar api bisa terpadamkan paling tidak nanti sore segera di kirim,” tandas Jemain.*

Reporter: Kamaludin

Related posts

TNI dan Media Siap Bersinergi Cegah Penyebaran Hoax di Medsos

TK Sang Timur Kunjungi Koramil 0825/ 18 Purwoharjo

redaksi

Warga Baru Yonif 511/DY Doa Bersama di Makam Bung Karno

redaksi