Penemuan Ikan Aligator Gegerkan Warga Sidokumpul Lamongan

18 views

Ikan Aligator yang tertangkap warga

Lamongan, Pancarkan.comAkhirnya perasaan lega dirasakan warga sekitar Taman Telaga Dapur Kelurahan Sidokumpul Kec. Lamongan Kab. Lamongan. Karena apa yang mereka curigai selama ini terjawab sudah. Beberapa kali bibit ikan bandeng, mujaer, dan tombro ditebar dalam Telaga Dapur, namun tak pernah dirasakan atau didapat ketika akan dipanen.

Ternyata hari ini terjawab, karena dalam Taman Telaga Dapur berhasil ditangkap ikan sejenis Aligator/Predator yang memangsa ikan yang lebih kecil.

Ikan “Aligator” yang badannya serupa ikan gabus berukuran kurang lebih panjang 120 Cm dan bobot 45 Kg dan moncong mulut mirip Aligator Buaya Muara, bertahun-tahun sangat meresahkan warga.

“Disinyalir ikan Predator yang habitat aslinya hidup di muara sungai Amazon Amerika Selatan ini, memangsa ikan-ikan yang ditebar warga selama 7 tahun, namun tak pernah ada hasil panennya,” ungkap Herman purna Polri yang juga tokoh masyarakat sekitar.

Kami mencurigai di Telaga Dapur ini masih ada satu ekor ikan sejenis Predator ini, karena dari beberapa kesaksian warga pernah mengetahui ikan Aligator/Predator ini muncul ke permukaan sebanyak 2 ekor.

“Jadi kami Paser KOPI LA (Komunitas Penembak Ikan Lamongan)  akan terus memburu 1 ekor lagi yang belum tertangkap, agar fungsi dan manfaat telaga Dapur bisa dimanfaatkan warga sekitar dengan membuka wisata pemancingan umum dan nyaman buat edukasi wisata keluarga,” tambah Mujib Ketua Paser KOPI LA.

Pihaknya juga tak lupa berpesan kepada warga, bila punya ikan sejenis dan tak mampu memeliharanya lebih baik dilepas ke habitat asli di muara sungai. Karena ketika dilepas ke sembarang tempat akan mempunahkan jenis ikan lain yang berukuran lebih kecil sebagai konsumsi ikan predator.(ak)