Danramil Tlogosari Pimpin Apel Patroli Bersama Cegah Karhutla

137 views

Danramil Tlogosari Kapten Inf Suwaji pimpin apel

Bondowoso, Pancarkan.com – Sering terjadinya kebakaran hutan maupun kebakaran rumah, di wilayah Kecamatan Tlogosari, maka ini kejadian ini pun diperhatian khusus. Forpimka (Muspika) Tlogosari bekerjasama dengan RPH Pakisan dan RPH Kembang, melakukan  patroli ke wilayah sekaligus memberikan pemahaman kepada warga, khususnya yang berada di kawasan hutan, agar tidak sembarangan membakar lahan hutan.

Patroli ini dilakukan untuk pencegahan terjadinya kebakaran, baik hutan maupun lahan (KARHUTLA) di Kecamatan Tlogosari dengan pemasangan Baner Waspada! Wilayah Bebas Asap! Lestarikan Lingkungan Kita,  sekaligus untuk membentuk sinergitas antara Muspika Tlogosari dengan RPH Pakisan dan RPH Kembang.

Danramil Tlogosari Kapten Inf Suwaji menjelaskan, dalam empat bulan ini, sudah empat kali terjadi kebakaran, yaitu dua kali di lereng Gunung Raung, dua kali kebakaran rumah di Desa Kembang, dan satu kali hampir saja terjadi kebakaran besar jika tidak ditindak lanjuti lebih awal.

Saat itu sebuah lahan tebu yang sudah dipanen sengaja dibakar pemilik lahan,  ternyata setelah diingatkan, api kemudian dipadamkan, namun  tidak tuntas.

Keesokan harinya, api menjalar ke areal tebu milik orang lain yang masih belum dipanen, kebetulan berdekatan dengan fasilitas sekolah SMK Tlogosari. “Beruntung setelah empat kali mobil PMK menyemprotkan air, api berhasil padam,” terangnya.

Patroli dimulai dari halaman Koramil Tlogosari dan berlanjut ke  kawasan yang rawan terjadi kebakaran, tepatnya di Dusun Sumbermas, lalu Dusun Babatan Desa Pakisan, dan terkhir di Dusun Magersaren Desa Gunosari.

Usai kegiatan Patroli Cegah Kebakaran Hutan Dan Lahan di Wilayah Kecamatan Tlogosari bisa menyadarkan masyarakat untuk tidak sembarangan membuka lahan di hutan yang dilindungi dengan membakar lahan.*

Reporter : Cipto