Pancarkan.com
Gaya Hidup

Wagub Emil Dampingi Panglima TNI Ziarah ke Makam Bung Karno

Ziarah ke Makam Bung Karno

Blitar, Pancarkan.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mendampingi Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto berziarah ke makam Presiden RI I Soekarno di Jl. Slamet Riyadi, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Rabu (18/9) siang.

Selain Wagub Emil, Panglima TNI juga didampingi oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi, Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Toni Harmanto, Kasal Laksamana TNI Yuyu Sutisna, para pejabat tinggi Mabes TNI.

Turut hadir pula, Bupati Blitar Riyanto, dan jajaran Forpimda Kab/Kota Blitar Komandan Kodim 0808 Komandan Korem 081 Madiun Kapolres/ Kapolres Kota Blitar serta Ketua PN Blitar Kajari dan Ketua DPRD Kab.Blitar.

Ditemui wartawan seusai ziarah, Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, kegiatan ziarah nasional ini merupakan tradisi rutin yang selalu dilaksanakan untuk menyambut peringatan HUT TNI, termasuk HUT TNI ke-74 Tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 05 Oktober 2019 mendatang.

“Ini sebagai perwujudan penghargaan terhadap jasa para pejuang, khususnya Presiden pertama kita, Bung Karno, dan akan dilanjutkan ke ziarah berikutnya” katanya.

Ditambahkannya, dirinya bersama rombongan berencana akan melanjutkan ziarah ke makam Gus Dur di Jombang, kemudian ziarah ke makam mantan Presiden Soeharto dan di makam Jenderal Sudirman, dimana kedua makam tersebut berada di Jawa Tengah.

“Dengan ziarah nasional ini, harapan saya, TNI dapat mengimplementasikan pesan perjuangan para pahlawan, sekaligus untuk melanjutkan perjuangan para pendahulunya untuk mengisi pembangunan di Republik tercinta Indonesia” ujarnya.

Ziarah makam nasional itu diawali dengan upacara penghormatan secara militer yang dipimpin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di area pelataran Makam Bung Karno, pemasangan karangan bunga dan penghormatan Panji-Panji TNI, ziarah diakhiri dengan tabur bunga dan berdoa bersama di depan pusara makam Bung Karno.

Selanjutnya, rombongan berdoa dan melakukan penaburan bunga di atas pusara Bung Karno dengan diikuti para petinggi Mabes TNI juga diikuti oleh Ibu Panglima TNI bersama para Istri Pejabat Mabes TNI. Usai ziarah tersebut, rombongan menuju ke Pendopo Blitar. (hms)

Related posts

Pada HPN 2023, SMSI Gelar Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, Kapolda Sumut: Mari Sama-sama Kita Dukung!

YR KOBRA Jatim kembali Road Show Sosialisasi dan Penyuluhan P4GN

Desa Wisata Palemwatu Diresmikan Wakil Bupati Gresik