Hutan Perhutani RPH Bungkal Ludes Terbakar

142 views

Petugas jaga-jaga di Hutan Perhutani RPH Bungkal yang terbakar

Ponorogo, Pancarkan.com – Hutan milik perhutani RPH Bungkal kembali ludes terbakar pada Senin  (2/9/2019) malam. Api membakar di kawasan Gunung Tuk Cupu tepatnya area  Petak 135B RPH Bungkal BKPH Ponorogo Timur KPH Lawu, Masuk wilayah Desa Maguwan Kec. Sambit Kab. Ponorogo.

Terbakarnya petak 135 B  yang merupakan hutan Akasia, Alba dan Jambu mente tersebut diketahui Selasa sore sekira pukul 17.00 Wib. karena medan sulit dan terjal usaha pemadaman api tersendat  karena sudah terburu gelap.

Kapolsek Sambit  AKP. Sutriatna membenarkan adanya kejadian kebakaran hutan di wilayah hukum Polsek Sambit pada Senin malam.

“Personil mendapatkan laporan kejadian kebakaran hutan  diwilayah Gunung Tuk Cupu tersebut , kemudian personil meluncur kelokasi dan berkoordinasi dengan pemangku wilayah. Api terlihat mulai pukul 17.00 WIB dan sampai larut malam masih belum padam,” terangnya.

Masih menurut Kapolsek Sambit kendala pemadaman kobaran api dihutan milik perhutani karena medan dan malam hari.

“Menurut keterangan petugas perhutani Bungkal luas area yang terbakar sekitar 3,5 hektar, dan yang menjadi kendala petugas untuk ke tkp karena waktu malam hari dan tidak ada akses jalan untuk menuju ke lokasi, Posisi lokasi kebakaran sulit di jangkau karena medan terjal dan angin kencang dan jarak dari pos pantau kurang lebih 5 km serta dimungkinkan masih adanya hewan buas,” imbuh Sutriatna.

“Adapun penyebab kebakaran hutan milik perhutani ini masih dalam penyelidikan,” pungkas mantan Kapolsek Ngrayun ini.*

Reporter: Kamaludin

Ponorogo