Pancarkan.com
Olahraga

Satgasmar Ambalat XXIV Gelar Kompetisi Sepakbola di Sebatik

Persiapan kedua tim yang akan bertanding

Surabaya, Pancarkan.com – Dalam menjalin hubungan interaktif dengan masyarakat, Satgasmar Ambalat XXIV selalu mengedepankan cara persuasif dengan membantu masyarakat binaannya. Ini bertujuan untuk memupuk rasa percaya kepada masyarakat, bahwa TNI AL selaku garda terdepan penjaga perbatasan mampu berbuat yang terbaik untuk masyarakat dan institusi TNI AL.

Begitu halnya dengan yang dilakukan oleh Satgasmar Ambalat XXIV, yang menggelar kompetisi sepak bola antar kesebelasan yang ada di Pulau Sebatik dan sekitarnya. Kompetisi tersebut digagas oleh Satgasmar Ambalat XXIV, dalam rangka memperingati HUT Ke-74 RI yang digelar di Desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Timur.

Sekitar 20 tim peserta sepak bola dari dalam dan juga luar pulau Sebatik, ikut berpartisipasi dalam kompetisi lokal ini.  Sedangkan untuk remaja putri dan ibu-ibu juga digelar pertandingan oleh Satgasmar Ambalat XXIV, yakni pertandingan Bola Voli, yang diikuti sebanyak 16 tim dan semuanya berasal dari Pulau Sebatik.

Kedua pertandingan tersebut dibuka langsung oleh Komandan Satgasmar Ambalat XXIV Kapten Mar Mikael Rolen.

Sementara pertandingan Bola Voli Putri sudah dilaksanakan lebih dahulu pada tanggal 18 Agustus 2019, dan keluar sebagai juara I diraih Desa Tembaring, disusul posisi ke-2 diraih oleh Desa Sei Tawan, dan Juara 3 diraih oleh Pos Kotis.

Masing –masing pemenang mendapatkan sebuah tropi dan beserta uang pembinaan.

Sedangkan untuk pertandingan sepak bola dilaksanakan mulai tanggal 24 Agustus 2019 hingga selesai pada pertengahan bulan September 2019. Dalam setiap pertandingan sepak bola ini, para pemain dari masing-masing tim bermain dengan penuh semangat dan fair play, dan para supporter pun bersorak dengan lantang kepada tim yang didukungnya, dengan melibatkan anak-anak karang taruna setempat.

Ditempat terpisah, Komandan Satgasmar Ambalat XXIV Kapten Mar Mikail Rolen, mengungkapkan, bahwa apa yang dilakukan satuannya merupakan bagian dari pembinaan teritorial terhadap masyarakat setempat. Sebab disamping menjaga integritas bangsa selaku satgas yang menjaga perbatasan,TNI AL juga punya tugas lain yaitu teritorial.

“Teritorial itu tugas utama sebagai upaya untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat, yaitu bagaimana TNI AL bisa membantu warga yang membutuhkan, memberikan solusi positif seperti tenaga pendidik, melatih para pelajar sebagai pasukan Paskibraka saat Upacara HUT Ke-74 RI, mengajar Pramuka, dan lainnya,“ terang Dansatgasmar Ambalat XXIV.

Dansatgasmar juga menambahkan, jika  kompetisi sepak bola dan pertandingan bola voli antar warga masyarakat di pulau Sebatik, termasuk wujud dari upaya pembinaan territorial Satgas terhadap masyarakat setempat. Agar kepercayaan masyarakat pada TNI AL selalu terpupuk dengan baik dan memudahkan pelaksanaan operasi.

Satgasmar Ambalat XXIV tersebut adalah merupakan satuan tugas Marinir, yang berada dibawah komando kendali Gugus Tempur Laut Koarmada II sebagai satuan atas. Satgas ini digelar bertujuan untuk menekan angka ancaman pelanggaran wilayah dan kejahatan trans nasional. Seperti narkoba, illegal fishing yang terjadi diwilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, dalam rangka mendukung tugas pokok TNI secara umum dam TNI AL secara khusus.

Sementara Guspurla Koarmada II, memiliki peran penting dalam melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi laut yang meliputi operasi tempur laut dan operasi amfibi, baik untuk mendukung pengendalian laut maupun untuk mencapai tujuan-tujuan strategis, dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut.*

Reporter : Bachtiar

Related posts

Tim Biliar Porwarnas Jatim Asah Kemampuan

Peringati HUT Lantas Bhayangkara ke 67, Polres Gresik Gelar Jalan Sehat bersama Masyarakat di Alun-alun

Tingkatkan Imunitas Tubuh, Jamaah Masjid AT Tauhid Gowes