Pancarkan.com
Peristiwa

Mudik Gratis Lebaran 2019, Dishub Jatim Siapkan 5.600 Armada Bus

SURABAYA, PETISI.CO – Animo masyarakat mengikuti mudik gratis Lebaran Idul Fitri 2019 yang disiapkan Dinas Perhubungan Jawa Timur (Jatim) masih tinggi. Sejak pendaftaran secara online dibuka tanggal 22 April lalu, tercatat lebih dari 4.800 armada bus sudah dipenuhi sekitar 28 ribu orang peserta mudik Lebaran.

“Setelah dibuka pendaftaran online tanggal 22 April, misalnya kuota sehari 4.800 bus, yang sudah terisi 4.600 bus. Jadi, respon masyarakat sangat bagus untuk mudik lebaran tahun ini,” kata Kepala Dishub Jatim Fattaj Jasin kepada wartawan di Surabaya, Senin (29/4/2019).

Dijelaskan, tahun ini, Dishub Jatim menyiapkan 5.600 armada bus untuk mudik Lebaran Idul Fitri 2019 gratis. Jumlah bus sebanyak itu untuk seluruh jurusan ke Barat sampai Madiun, Selatan sampai Trenggalek, Timur sampai Madura.

Hingga dua hari menjelang pendaftaran ditutup 30 April, tercatat sekitar 28 ribu orang yang mendaftar. Perharinya yang mendaftar sebanyak 4.500 orang. Sedangkan dayang tampung untuk 5.600 bus sekitar 224.000 orang.

“Masih tersedia tempat duduk sebenarnya. Kalau sampai 30 April seluruh tempat duduk terpenuhi, masyarakat bisa mendaftar lewat offline. Datang langsung ke kantor Dishub Jatim,” ujarnya.

Pendaftaran secara offline baru dibuka pada 1-2 Mei. Dengan demikian, masyarakat yang ingin mudik lebaran gratis, tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota mudik gratis. “Dishub sudah mengantisipasi. Jika membutuhkan armada, Dishub sudah siap melayani pemudik lebaran,” tandasnya.

Selain itu, lanjut Fattah, untuk angkutan bus mudik lebaran, masih ada stake holder yang menyelenggarakan. Sekarang, penyelenggara mudik lebaran tidak hanya dimonopoli Dishub saja.

“Kalau dulu Dishub jadi pionirnya. Sekarang banyak, ada Jasa Raharja, Radar, Kab/Kota, sehingga kuota yang kita siapkan akan dipenuhi,” paparnya.

Meski demikian, Dishub tetap melakukan pengawasan ketat terhadap para penyelenggara mudik lebaran. Siapapun pihak penyelenggara angkutan mudik lebaran, tetap harus melalui sistem rem cek kendaraan yang dilakukan oleh Dishub.

“Menhub mengamanahkan ke kita, maka kewenangan kita ada di terminal tipe B. Bus kemanapun jurusan itu harus dilakukan rem cek. Karena akselerasinya tinggi, tidak menutup kemungkinan kendaraan dipakai dengan jumlah yang lebih intens dari penggunaan sebelumnya,” katanya.

Untuk moda transprotasi lain, seperti Kereta Api (KA), Dishub Jatim menyiapkan 150 ribu tempat duduk penumpang untuk semua jurusan di Jatim. Seperti jurusan Kediri, Kertosono, Malang, Blitar, hingga Banyuwangi. “PT KAI yang mengatur semua. Termasuk, berapa jumlah calon penumpangnya, KAI yang tahu persis,” kelitnya.

Sedangkan moda transportasi laut, seperti Kapal Laut, Fattah mengaku jalur-jalur ke kepulauan, jumlah kapal laut sangat terbatas. Sehingga, pada mudik dan balik lebaran, Dishub memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa naik kapal laut.

“Ada jurusan dari Surabaya ke Kalianget dan Bawean, pulau Kangean, Sapeken, Raas dan Masalembu. Juga dari Probolinggo dan Situbondo ke Kalianget. Kami siapkan pendaftaran online dan offline,” tuturnya. (bm)

The post Mudik Gratis Lebaran 2019, Dishub Jatim Siapkan 5.600 Armada Bus appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Kantor Imigrasi Kelas ll TPI Jember Giat Pengawasan Timpora se Kabupaten Bondowoso

redaksi

Gerak Jalan Perjuangan Mojosuro, Ini Peran Kodim 0815

redaksi

Koramil Dlanggu Bersama Warga Karya Bakti Benahi Rumah Warga

redaksi