Pancarkan.com
Pemerintahan

Sidoarjo Raih Penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja

Dengan Skor Tertinggi Tingkat Nasional

SIDOARJO, PETISI.CO – Kabupaten Sidoarjo di bawah kepemimpinan Bupati Saiful llah SH.M.Hum selama dua periode tak pernah lepas dari penghargaan yang digelar di tingkat Jawa Timur maupun nasional.

Kali ini Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kembali mendapatkan penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha, penghargaan kepada daerah terbaik dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) terhadap laporan penyelenggara pemerintah Daerah (LPPD) tertinggi nomor 1 tingkat Nasional, dengan predikat Sangat Tinggi (ST), sebelumnya pada 2017-2018 Sidoarjo meraih penghargaan Sam Karya Para Samya Purna Karya Nugraha.

Penghargaan ini dalam bentuk piagam dan trofi, disampaikan oleh Kementrian Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada Bupati Sidoarjo Saiful llah, dalam acara peringatan hari OTODA ke-23 di stadion Diponegoro Banyuwangi, Kamis (25/4/2019).

Acara tersebut, pemerintah menganugerahkan sejumlah penghargaan dan apresiasi kepada daerah dan daerah yang berprestasi.

Selain itu, sebagai reward atas keberhasilan penghargaan itu diharapkan dapat jadi pemicu agar semua daerah unjuk keberhasilan. Kementerian Dalam Negeri bahkan menunjuk Sidoarjo sebagai contoh daerah lain agar pencapaian kinerjanya bisa meningkat lebih baik lagi.

Gubernur, Bupati dan Walikota se-lndonesia, termasuk Bupati Sidoarjo H. Saiful llah SH. M.HUM turut hadir pada upacara peringatan hari Otonomi Daerah (OTODA) ke-23.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan, tahun ini peringatan hari Otoda mengambil tema, Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang lebih baik melalui penyelenggaraan Otonomi Daerah yang kreatif dan inovatif memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan masyarakat.

Tema tersebut merupakan penjabaran dari semangat Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yakni, pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya.

Tjahjo Kumolo menjelaskan, dalam tema ini berbagai aktifitas ekonomi di daerah dapat bertumbuh dengan pesat. Dalam penyelenggaraan Otonomi Daerah, masyarakat bukan semata-mata sebagai konsumen pelayanan publik.

“Tetapi dituntut kemampuan memperlakukan masyarakat sebagai citizen, guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Saiful llah mengatakan, meski Sidoarjo sudah meraih penghargaan tertinggi dan dijadikan tamu kehormatan oleh Kemendagri, dia tetap menekankan kepada kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk menjaga prestasi yang sudah di raih.

“Meski mendapat penilaian sangat tinggi dengan skor paling tinggi secara nasional, kinerja tetap harus ditingkatkan,” ujar Abah Ipul panggilan akrab Bupati Sidoarjo.

Abah Ipul menjelaskan, bahwa Kemendagri membuat tiga indikator dalam penilaian kinerja pemerintah daerah. Pertama dilakukan verifikasi lapangan, kedua responsif pemerintah daerah dan tiga kepuasan masyatakat.

Indikator pencapaian kinetja daerah berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap laporan penyelenggaraan pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2018.(kom/war)

 

The post Sidoarjo Raih Penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Walikota Batu Buka Opening Ceremony Nasional Travel Fair 2019

redaksi

Pemkab Blitar Mutasi 4 Pejabat Eselon II

redaksi

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Gubernur Jatim Dorong Pendidikan Vokasi

redaksi